Home » 7 Digital Skill yang Wajib Dimiliki Agar Strategi Marketing Makin Optimal

7 Digital Skill yang Wajib Dimiliki Agar Strategi Marketing Makin Optimal

  • by

Apakah Anda ingin mencapai semua target marketing di tahun 2020? Maka, Anda perlu lebih dari sekadar teknologi marketing. Namun, Anda juga harus memiliki tim yang punya skill bagus. Ini berarti Anda bisa mendatangkan tim baru, bekerja sama dengan partner dari luar, atau mengikutkan anggota tim Anda di kursus dan pelatihan edukatif. Sebab, mereka harus memiliki digital skill yang tepat.

Digital Skill yang Wajib Dimiliki
Digital Skill yang Wajib Dimiliki

Benar sekali, keterampilan digital saat ini sangatlah penting. Jika setiap anggota tim Anda memilikinya, maka Anda berkesempatan lebih besar menuntaskan semua target. Skill teknis dan analitik yang paling penting di antaranya seperti analisis data, artificial intelligence (AI), machine learning (ML) dan teknologi lainnya. Di samping itu, kemampuan kreatif, interpersonal dan strategis juga diperlukan.

Berikut digital skill yang harus dimiliki oleh anggota tim Anda di tahun ini dan tahun-tahun mendatang:

1. Analisis Data

Kemampuan untuk mengumpulkan dan menerapkan wawasan mendalam berdasarkan data itu sangat penting untuk program digital marketing apapun. Untuk mewujudkannya, perusahaan Anda membutuhkan analis data yang memahami bisnis dan marketing, serta marketer yang memahami cara membaca dan menindaklanjuti data. Contohnya, analisis mobile marketing, predictive lead scoring dan multi-touch attribution modeling adalah tools penting untuk data-savvy marketer.

2. Customer Experience Marketing dan Insight

Marketer semakin dituntut untuk memberikan customer experience yang menjual, sehingga ini bisa membuat customer terus datang kembali. Strategi penting untuk membangun kesetiaan pelanggan adalah dengan memahami cara menggunakan data customer untuk menganalisis keinginan dan kebutuhan mereka, serta menciptakan customer experience yang dipersonalisasi sesuai perilaku belanja yang ditunjukkan konsumen. Di sinilah pentingnya skill customer experience marketing dan insight.

3. AI dan Machine Learning

Menurut Gartner’s Hype Cycle for Digital Marketing and Advertising, ada ekspektasi besar dari AI dalam digital marketing dan advertising terutama pada tahun-tahun terakhir ini. Meskipun full impact dari AI masih belum begitu terlihat, Gartner merekomendasikan agar marketer bereksperimen dan mulai belajar tentang AI. Sebab, AI siap mengubah cara marketer memasarkan produk dan jasanya dalam beberapa dekade mendatang. Untuk itu, tim marketing membutuhkan analis dengan keahlian dalam menggunakan teknik seperti machine learning untuk mencapai tujuan pemasaran.

4. Social Video Marketing

Video menjadi tool yang semakin penting untuk menciptakan engagement, terutama di media sosial. Peran video untuk marketing sangatlah penting dan terlihat jelas bahwa video akan semakin dibutuhkan di masa depan. Kebutuhan video marketing akan terus berkembang. Jadi, skill yang harus ditambahkan atau ditingkatkan untuk tim marketing salah satunya adalah skill kreatif yakni produksi video dan kemampuan menulis naskah atau script writing, yang bisa membuat video menarik konsumen hingga mengarah ke konversi, di mana customer membeli produk atau jasa Anda.

5. Visual Content Creation

Di tahun 2020, media visual untuk marketing semakin diperlukan, seiring dengan meningkatnya konsumsi konten visual oleh masyarakat. Semakin booming-nya video marketing hanya merupakan salah satu aspek dari tren ini. Sebab, format visual akan terus berkembang dengan menggunakan kecanggihan yang baru dan juga bakal jadi semakin interaktif. Persaingan yang ketat di antara bisnis untuk menarik perhatian user, mengharuskan Anda membuat konten yang bagus. Konten yang biasa-biasa saja akan sulit bersaing. Maka dari itu, skill kreatif dalam membuat konten juga sama pentingnya dengan skill pembuatan video marketing.

6. AR, VR dan Wearables

Augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) menjadi tools yang ampuh untuk digital marketer. Sebab, perusahaan kini terus mengeksplorasi cara baru untuk menciptakan user experience yang mengesankan dengan teknologi ini. Sementara, perangkat teknologi yang bisa digunakan untuk itu masih sedang berkembang sekarang, tapi potensinya terus meningkat terutama untuk program marketing. Menurut Melissa Smith, founder Robotic Marketer sekaligus founder dan managing director Marketing Eye, marketer harus membiasakan diri untuk menggunakan wearable device sendiri dengan piawai.

7. Social Digital Marketing

Mendapatkan customer secara online cukup membutuhkan biaya. Sebab, biaya iklan untuk platform paling besar seperti Instagram, Google dan Facebook semakin tinggi saja dalam beberapa tahun terakhir. Dengan keadaan ini, akan lebih masuk akal bagi Anda untuk mengubah basis pelanggan menjadi marketing engine, melalui referral dan advocacy. Agar pemasaran Anda berhasil, maka tim digital marketing Anda perlu meningkatkan skill dan pengetahuan mereka. Seperti misalnya menguasai platform advocacy, menambah keterampilan teknis, serta cara menggunakan media digital untuk mengajak konsumen memberikan ulasan hingga mengoptimalkan referral.

Itu tadi digital skill yang diperlukan oleh tim marketing di masa sekarang. Persaingan semakin ketat, sehingga Anda perlu merancang strategi yang paling tepat. Selain bersikap selektif dalam memilih anggota tim marketing, Anda juga bisa berkonsultasi dengan Maxsol. Maxsol sebagai perusahaan digital creative siap menjawab semua kebutuhan Anda serta memberikan solusi terbaik untuk Anda. Bersama Maxsol, bisnis digital Anda akan berkembang dengan pesat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *