Dampak Positif E-Commerce saat Pandemi Covid-19 di Indonesia

Sejak pandemi COVID-19 merebak, kita semua dihadapkan pada situasi yang sulit. Terutama, dari segi perekonomian. Tidak sedikit perusahaan terutama bisnis kecil dan menengah terpaksa gulung tikar akibat pandemi ini. Hal tersebut karena pandemi ini mengharuskan kita semua untuk work from home, serta menghindari keluar rumah kecuali benar-benar penting.

Akibatnya, interaksi antar manusia yang biasanya menjalankan roda perekonomian dan perdagangan, jadi amat sangat berkurang. Akhirnya, ini membuat penjualan bisnis dalam berbagai bidang menurun drastis. Akan tetapi, rupanya ada dampak positif yang bisa didapatkan karena terjadinya pandemi ini jika Anda menggunakan e-commerce dalam berbisnis. Hal ini dikarenakan adanya perubahan kebiasaan belanja orang-orang yang beralih ke belanja online.

Dampak Positif E-Commerce
Dampak Positif Pandemi COVID-19 bagi E-Commerce di Indonesia

Tren Baru Belanja Online di Tengah Pandemi COVID-19

Perubahan kebiasaan belanja masyarakat juga didukung oleh data-data statistik. Salah satunya yakni sebuah laporan dari Rakuten Intelligence yang menunjukkan bahwa frekuensi belanja masyarakat melalui e-commerce di Amerika Serikat meningkat hingga 36%. Jumlah tersebut hampir dua kali lebih banyak daripada sebelumnya.

Berdasarkan kondisi yang ada tersebut, dapat kita simpulkan bahwa sebenarnya COVID-19 membawa pengaruh positif terhadap ecommerce. Karena masyarakat menghabiskan waktu di rumah saja pada masa pandemi ini, maka ini menjadi peluang besar bagi ecommerce untuk mengembangkan bisnis.

Tanpa bermaksud menganggap bahwa kondisi pandemi ini merupakan hal yang positif, Anda justru tetap bisa optimis dalam masa-masa sulit sekarang, untuk mengoptimalkan marketing bisnis online Anda. Terutama, hal tersebut karena masa pandemi ini juga tidak berlangsung selamanya. Akan ada waktunya ini semua berakhir. Jadi, sekaranglah kesempatan Anda untuk mengembangkan bisnis Anda.

Transformasi Digital Membuka Kesempatan Ecommerce untuk Berkembang

Seperti yang telah disebutkan, bahwa pandemi ini membuka kesempatan lebih lebar untuk e-commerce. Sebab, bisnis online Anda bisa menjadi solusi di tengah situasi sulit ini. Bahkan, untuk bisnis yang belum menjalankan sistem digital, ini saatnya melakukan transformasi. Kita tidak tahu kapan akan terjadi situasi yang sangat tidak terduga, contohnya seperti pandemi hingga menyebabkan lockdown dan karantina seperti sekarang.

Jadi, transformasi ini merupakan dampak positif yang justru perlu Anda manfaatkan. Integrasikan bisnis Anda dengan tools digital agar konsumen bisa lebih mudah lagi menggunakan produk dan layanan dari brand Anda.

Melakukan transformasi digital bukan berarti mengganti semua proses manual sepenuhnya. Namun, dengan melakukannya, maka Anda bisa meraih kesempatan yang dapat membantu mengembangkan bisnis Anda.

Berikut dampak positif menggunakan e-commerce untuk bisnis Anda:

Biaya Lebih Rendah

Biaya operasional Anda jadi lebih rendah. Ini karena Anda tidak perlu membayar gaji karyawan yang harus bekerja di toko atau kantor. Bahkan, karyawan hanya dibutuhkan saat ada transaksi penjualan, untuk melayani pembeli. Apalagi, untuk e-commerce, yang tokonya tersedia online dan bukan fisik.

Ketersediaan Barang Selama 24 Jam

Tentu saja ini menjadi kelebihan utama dari bisnis online. E-commerce Anda bisa menyediakan produk dan jasa selama 24 jam. Terutama, jika Anda berjualan produk barang. Jadi, ini membuat pelanggan Anda bebas sekali membeli barang kebutuhannya, kapan saja dan di mana saja.

Bisa Menjual Sampai ke Luar Negeri

Jika Anda memiliki bisnis ecommerce, salah satu keuntungan utamanya yakni Anda bisa menjual produk Anda tidak hanya di Indonesia saja, tapi sampai ke luar negeri. Anda juga dapat menjual produk yang dibutuhkan terkait kondisi pandemi, misalnya masker dan sarung tangan, untuk menaikkan penjualan.

Mudah Memperbaiki Pelayanan

Dibandingkan dengan bisnis offline, Anda yang memiliki ecommerce akan lebih mudah memperbaiki pelayanan. Anda bisa selalu memantau customer experience dan segera meningkatkan layanan jika misalnya muncul keluhan pembeli. Di masa pandemi, Anda bisa bersaing dengan kompetitor jika Anda dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan.

Menciptakan Database Customer

Saat ada pembeli mendaftar ke situs Anda, maka biasanya mereka akan diminta memasukkan data tentang diri mereka. Berdasarkan data tersebut, Anda bisa memiliki database customer yang memiliki informasi akurat tentang mereka. Anda pun dapat memberikan produk dan jasa sesuai dengan yang dibutuhkan oleh para customer tersebut.

Mengembangkan Bisnis

Dampak positif yang paling penting yakni Anda bisa mengembangkan e-commerce Anda. Dengan biaya lebih rendah, serta kesempatan beriklan lebih baik karena kini banyak orang memilih belanja online, maka ini bisa menjadi momen tepat untuk mengembangkan bisnis Anda.

Mengintegrasikan Bisnis dengan Sistem Digital untuk Masa Depan 

Setelah mengetahui manfaat dan keuntungan yang telah disebutkan di atas, Anda pasti memahami pentingnya mengintegrasikan bisnis Anda dengan sistem digital sekarang, agar membawa dampak positif di masa depan. Jadi, saat kembali terjadi situasi yang tidak terduga seperti saat ini, tak ada lagi kendala yang bisa menyebabkan penjualan Anda menurun. Sebab, transaksi jual beli online itu bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Maka dari itu, apapun jenis bisnis Anda, manfaatkan kesempatan yang ada sekarang untuk mengalihkannya ke platform online. Jika Anda masih belum tahu harus mulai dari mana, Maxsol siap membantu Anda. Berbekal pengalaman selama 10 tahun dalam bidang digital creative solution, Maxsol memahami kebutuhan Anda dan cara untuk mewujudkan keinginan Anda. Bersama Maxsol, bisnis e-commerce Anda dapat berkembang dengan optimal. 

1 thought on “Dampak Positif E-Commerce saat Pandemi Covid-19 di Indonesia”

  1. Pingback: Strategi Digital Alibaba Efektif untuk Marketing Selama Pandemi Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *