Digital Marketing Strategi Terbaik Hadapi New Normal? Lihat Faktanya

  • by

Belum lama ini, pemerintah mulai mengajak masyarakat untuk hidup berdampingan dengan virus. Ajakan ini disebut dengan new normal atau kebiasaan baru. Tujuan dari diadakannya new normal ini tidak lain untuk kembali menggerakan ekonomi masyarakat. Sudah menjadi rahasia umum bahwa penyelenggaraan PSBB sebelumnya sempat membuat sektor ekonomi terganggu dan mengalami krisis. Hal itu terbukti dari banyaknya perusahaan yang memilih untuk merumahkan pegawainya atau bahkan melakukan PHK dengan terpaksa. Tidak sedikit juga perusahaan yang harus berhadapan dengan kebangkrutan karena kesulitan bertahan di era pandemi ini.

Digital Marketing Strategi New Normal
Digital Marketing Strategi New Normal

Meski masyarakat kini bisa beraktivitas seperti dulu, namun penerapan new normal tetap harus memperhatikan berbagai macam protokol kesehatan. Masyarakat tetap diminta untuk sebaik mungkin melakukan physical distancing dan tetap mengurangi aktivitas di luar rumah jika tidak diperlukan. Kebiasaan mencuci tangan dan menggunakan masker harus diperhatikan setiap harinya. Bahkan, kini mulai bermunculan berbagai macam ajakan untuk melengkapi starter pack new normal. Benda yang wajib dibawa setiap orang diantaranya seperti masker, hand sanitizer, desinfektan, tisu, alat makan pribadi, alat shalat pribadi, jaket, hingga helm pribadi bagi pengguna layanan ojek online.

Tidak hanya perlu diperhatikan oleh masyarakat umum saja, protokol kesehatan ini juga harus dipraktekkan oleh para pemilik usaha. Di mana sejak munculnya PSBB, banyak perusahaan yang memikirkan bagaimana cara untuk mengurangi adanya interaksi langsung namun tetap bisa mengambangkan bisnis.

Setiap pemilik usaha haruslah mulai melakukan inovasi dan terobosan baru untuk menghadapi new normal ini. Salah satunya yakni memanfaatkan teknologi dengan mulai meningkatkan strategi Digital Marketing. Strategi ini membuat Anda bisa tetap melakukan promosi produk atau jasa dengan lebih efisien meski tidak bertatap muka secara langsung dengan konsumen. Lantas, apakah Digital Marketing menjadi strategi terbaik hadapi new normal? Mari kita bahas lebih lanjut.

Strategi Digital Marketing Era New Normal

Penerapan strategi Digital Marketing tentu tidak jauh-jauh dari penggunaan internet dan sosial media. Mengingat aplikasi satu ini akan sering digunakan oleh masyarakat selama menghabiskan waktu #DiRumahAja. Di sisi lain, penerapan Digital Marketing akan identik dengan penggunaan dari Owned Media dan juga Paid Media. Berikut ini beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk menghadapi new normal:

Sosial Media

Selama mengurangi aktivitas di luar rumah, hal ini membuat masyarakat secara tidak langsung sering membuka sosial media. Pasalnya, bermain sosial media menjadi hal yang terbilang cukup menyenangkan untuk menghabiskan waktu selama di rumah. Bahkan, sebuah data statistik menunjukkan bahwa pengguna aktif sosial media di tahun 2020 menginjak angka 59%. Angka yang terbilang tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Meningkatnya jumlah pengguna aktif di sosial media ini juga bisa dimanfaatkan oleh para pemilik usaha. Melalui sosial media, Anda bisa berinteraksi lebih dekat dari konsumen. Sosial media juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk menginformasikan adanya promo terbaru atau sekedar mengadakan games guna meningkatkan engagement rate.

Platform sosial media yang bisa Anda kembangkan diantaranya seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Buat konten semenarik mungkin untuk menjangkau konsumen dengan jumlah yang lebih banyak. Akan lebih baik jika konten yang Anda buat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen di masa pandemi ini. Sebagai contoh, Anda yang bergerak di bidang food and beverage bisa memberikan informasi tips and trik mengenai bagaimana cara menyimpan makanan agar lebih awet. Konten seperti ini akan relevan dengan apa yang Anda jual serta apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Optimalkan Website

Saat ini banyak orang yang cenderung memilih untuk belanja online ketimbang belanja secara konvensional. Mengetahui fenomena ini, Anda tentu tidak bisa tetap mengandalkan toko fisik saja untuk berjualan. Sebaliknya, Anda bisa mulai membuat atau lebih mengoptimalkan penggunaan dari website. Belanja melalui website resmi perusahaan akan memberikan pengalaman belanja yang lebih baik dibandingkan melalui e-commerce.

Di sisi lain, Anda sebagai pemilik usaha juga bisa dengan leluasa mengatur isi dari website yang Anda miliki. Sesuaikan juga desain dari website sesuai dengan karakteristik perusahaan. Hal ini akan meningkatkan brand awareness perusahaan di mata konsumen. Jangan lupa untuk beri penawaran spesial untuk meningkatkan jumlah kunjungan di website Anda. Anda juga bisa memanfaatkan SEO untuk membuat website Anda berada dalam daftar pencarian teratas.

Iklan Berbayar

Setelah mengembangkan melalui Owner Media, kini saatnya Anda mulai mengembangkan bisnis melalui Paid Media. Melalui strategi satu ini, Anda bisa mempromosikan bisnis dengan memasang iklan berbayar. Di mana peletakkan iklan berbayar ini bisa Anda sesuaikan dengan kebiasaan konsumen. Apabila konsumen yang Anda sasar berada pada usia remaja hingga dewasa awal, memasang iklan di YouTube menjadi keputusan yang sangat baik.

Pasalnya, YouTube menjadi salah satu platform yang sangat populer di masa pandemi ini. Banyak orang yang memilih menghabiskan waktunya di rumah dengan menonton berbagai macam video yang ada di YouTube. Beberapa konten YouTube yang akan sangat populer di masa pandemi ini diantaranya seperti tips memasak, berkebun, pendidikan online, hingga olahraga online. Meski membuat Anda harus membayar, memasang iklan di YouTube akan sebanding dengan banyaknya konsumen yang mengetahui bisnis Anda. Selain menggunakan YouTube, Anda juga bisa memanfaatkan iklan berbayar pada Facebook Ads dan Instagram Ads.

Berdasarkan strategi Digital Marketing yang telah disebutkan di atas, bisa dipastikan bahwa Digital Marketing menjadi solusi terbaik untuk bisa tetap bertahan di era new normal ini. Di mana Anda masih tetap bisa berinteraksi dan melakukan transaksi pembelian dengan konsumen tanpa perlu bertatap muka secara langsung. Untuk lebih memudahkan Anda dalam menerapkan strategi Digital Marketing, Anda bisa berkonsultasi dengan Maxsol. Perusahaan digital creative ini siap memberikan solusi terbaik bagi bisnis Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *