Home » Influencer Marketing, Pilihan Tepat Menjangkau Konsumen Baru

Influencer Marketing, Pilihan Tepat Menjangkau Konsumen Baru

  • by

Setiap hari kita melihat iklan di mana-mana. Mulai dari di browser seperti Google sampai berbagai media sosial lainnya. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang menghindari iklan dan mengabaikan call-to-action yang dirasa mengganggu. Inilah mengapa Anda memerlukan influencer marketing. Sebab, ini merupakan strategi baru untuk promosi dengan cara yang lebih natural tapi bisa menarik perhatian banyak orang.

Influencer Marketing untuk Menjangkau Konsumen Baru
Influencer Marketing untuk Menjangkau Konsumen Baru

Influencer inilah yang sangat banyak dicari sekarang ini. Bukan merupakan selebriti yang menjadi model sebuah iklan. Namun, arahnya lebih kepada opini seorang leader yang menyampaikan suatu hal kepada follower-nya dan menurut para followers, itu benar-benar menarik. Berdasarkan statistik terbaru tentang marketing melalui influencer, 60% konsumen mau membeli atas dasar rekomendasi dari jejaring sosial. Mengesankan, bukan?

Apa Itu Influencer Marketing?

Influencer merupakan seseorang yang menggunakan platform sosial secara aktid dan memiliki suatu minat tertentu. Mereka mungkin seorang blogger, jurnalis, selebriti atau orang-orang lainnya yang memiliki follower dalam jumlah besar.

Jadi, influencer marketing merupakan jenis advertising di mana promosi brand dilakukan dengan bantuan orang-orang yang memiliki pengaruhdi jejaring sosial.

Dengan menggunakan marketing influencer, Anda bisa mencapai target-target seperti berikut ini:

  • Meningkatkan brand awareness
  • Menumbuhkan loyalitas
  • Menciptakan konten unik
  • Menarik audiens baru
  • Mendapatkan feedback yang jujur

Tipe-Tipe Influencer Secara Umum

Ada 3 tipe influencer yang paling utama, yaitu:

  • Micro-influencer (kurang dari 10.000 follower)
  • Macro-influencer (10.000 – 1.000.000 follower)
  • Mega-influencer (lebih dari 1.000.000 follower)

Hal paling menarik dari influencer adalah mereka bukan sekadar orang-orang yang mengerjakan tugas yang diminta begitu saja. Namun, para influencer adalah content creator terbaik. Dengan bantuan mereka, Anda bisa membuat campaign dengan cara yang paling unik dan inovatif. Mari kita lihat bagaimana dan mengapa jenis advertising ini bisa sukses.

Kelebihan Influencer untuk Digital Marketing

Berikut alasan influencer itu menjadi pilihan tepat untuk mengoptimalkan digital marketing Anda:

1. Konsumen Mempercayai Influencer

Kepercayaan merupakan hal yang paling penting untuk membuat campaign Anda sukses. Lebih baik dan lebih mudah bagi orang-orang untuk membeli produk atau jasa ketika mereka melihat orang lain menggunakannya, terutama jika orang tersebut adalah seseorang yang mereka percaya.

Influencer menunjukkan demonstrasi visual tentang cara kerja produk dan jasa tersebut. Berdasarkan penelitian, 88% konsumen mempercayai rekomendasi online sebagai sumber informasi pribadi mereka, ini dibuktikan oleh ROI atau return on invesment yang tinggi.

2. Influencer Membuat Konten Berkualitas

Influencer adalah orang-orang yang benar-benar memahami cara untuk mendapatkan perhatian audiens. Jadi, Anda sudah tidak perlu lagi memikirkan cara mempromosikan produk, jasa atau event Anda kepada audiens dengan tepat. Content creator akan membuat segalanya sendiri berdasarkan pengalaman praktis mereka dan menampilkan produk Anda dengan cara yang terbaik.

Di samping itu, ketika Anda bekerja dengan para influencer yang berbeda, Anda akan mendapatkan banyak kesempatan advertising dengan berbagai cara yang benar-benar efektif. Ini menjadi bonus tersendiri, bukan?

3. Influencer Tidak Terkendala Ads Blocking

Berdasarkan PageFair, 615 juta orang menggunakan aplikasi Adblock. Namun, orang-orang tidak akan memblokir postingan blogger atau vlogger, bahkan jika mereka mencantumkan iklan promosi di dalamnya. Terlebih lagi, mereka tidak akan pusing memikirkannya, karena postingan influencer terasa menarik bagi mereka. Audiens akan membacanya, mendiskusikannya dan ikut terlibat dalam postingan tersebut. Ini menjadi salah satu keuntungan terbesar dari influencer marketing.

4. Influencer Memahami Konsumen dan Kebutuhan Mereka

Ketika Anda bekerja sama dengan content creator, Anda selalu mendapatkan feedback dari user dalam bentuk like, share dan komentar. Terkadang, influencer memberikan tips dan insight mereka sendiri kepada Anda, yang mana ini bisa menjadikan marketing Anda lebih baik di masa mendatang.

Ini bisa jadi sangat menguntungkan bisnis Anda. Alih-alih menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk mendapatkan feedback audiens, Anda bisa langsung mendapatkannya secara instan. Anda akan bisa melihat apa yang dipikirkan orang-orang tentang produk Anda, fiturnya, pro dan kontranya. Gunakan insight ini untuk marketing, sales dan pengembangan produk.

5. Influencer Bisa Diotomatisasi dengan Mudah

Anda bisa menggunakan platform digital agar lebih mudah mengelola campaign serta mengoptimalkan hasilnya. Secara umum, kelebihan platform ini yaitu membantu Anda menemukan influencer yang dibutuhkan audiens Anda. Selain itu, Anda juga mendapatkan informasi dan bisa memfilter tentang berbagai macam kategori, seperti topik, negara, usia, jenis kelamin dan sebagainya. Anda pun dapat secara langsung melihat skor dan engagement rate influencer untuk memilih yang terbaik.

Melalui platform seperti ini, Anda juga bisa launch campaign dengan mudah bahkan dalam hitungan menit. Kemudian, setelah campaign selesai, Anda akan mendapatkan analisis yang komprehensif.

Kesimpulannya, influencer marketing merupakan salah satu cara paling mudah untuk mengoptimalkan promosi. Anda pun bisa mendapatkan hasil yang lebih baik untuk campaign Anda. Di samping bekerja sama dengan influencer, Anda juga bisa mengkonsultasikan strategi digital marketing Anda bersama Maxsol. Sebagai perusahaan digital creative yang telah berpengalaman, Maxsol tahu yang Anda butuhkan dan siap memberikan solusi paling tepat untuk bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *