Home » Ini Pentingnya Restoran Terapkan Contactless Dine In Experience

Ini Pentingnya Restoran Terapkan Contactless Dine In Experience

  • by

Ada cara yang bisa dilakukan bisnis restoran Anda untuk tetap mempertahankan standar pelayanan yang aman, saat Anda tidak bisa berdekatan secara fisik dengan pelanggan. Caranya yakni dengan melakukan contactless dine in experience. Sebenarnya, dalam beberapa dekade terakhir, sudah banyak restoran yang memberlakukan sistem ini. Apalagi, sejak merebaknya pandemi Covid-19, permintaan untuk layanan pesan antar juga semakin meningkat. Kini, kondisi krisis mendorong restoran untuk menerapkan strategi “contactless” dengan lebih baik demi kenyamanan pelanggan.

Restoran Terapkan Contactless Dine In Experience
Restoran Terapkan Contactless Dine In Experience

Perubahan pada Cara Pemesanan Makanan dan Minuman

Proses penyajian menu biasanya terdiri dari tiga tahap, yaitu: pemesanan, persiapan makanan dan pengambilan atau pengantaran makanan. Kini, prosesnya sudah berubah untuk beradaptasi demi memenuhi ekspektasi pelanggan, dengan tetap mempertahankan kualitas makanan serta mematuhi protokol kesehatan social distancing di new normal. Menurut Wall Street Journal, McDonald’s yang merupakan fast-food chain terbesar di dunia, membuat guide baru untuk dine-in di cabang franchise seluruh Amerika Serikat, termasuk adanya komitmen untuk membersihkan kamar mandi tiap setengah jam sekali dan memberlakukan social distancing.

Cara Pemesanan Makanan yang Baru

Mobile ordering diproyeksikan bisa menghasilkan penjualan lebih dari 10 persen di tahun 2020. Tren ini akan terus berlangsung karena konsumen menganggap pemesanan via mobile lebih aman serta efisien. Kemungkinan trennya juga akan diterapkan pada setiap restoran.

Berikut kemungkinan perubahan besar dalam proses pemesanan makanan restoran:

1. Penataan ulang touchpoint

Akan ada perubahan pada personalisasi layanan pemesanan. Harapannya ini membuat pelanggan lebih nyaman tapi tetap aman. Di restoran, pelanggan cukup mengetuk layar untuk memilih menu yang mau dipesan, kemudian mereka bisa melakukan pemesanan. Ini juga bisa ditingkatkan lagi, misalnya dengan ditambah fitur yang bisa membaca suara dan gerak butuh, sehingga pelanggan merasa nyaman.

2. Papan menu digital untuk drive-thru

Sistem drive-thru kini semakin penting fungsinya terutama untuk bisnis kuliner restoran. Utamanya, untuk restoran fast food. Bisnis restoran bisa menyediakan papan menu yang terintegrasi sehingga pelanggan tinggal memesan lewat board tersebut. Jadi, sistemnya dibuat serupa dengan pemesanan untuk makan di tempat.

Pengaruh Teknologi Terhadap Industri Restoran di Masa Pandemi Covid-19

Kini, sekali lagi teknologi membawa perubahan terhadap industri restoran, seperti yang telah disebutkan. Di mana, solusi yang menggunakan teknologi diterapkan secara efektif di berbagai restoran, seperti contactless payment, pemesanan via mobile. Semuanya dilakukan untuk mengurangi kontak fisik, termasuk juga pengurangan kapasitas restoran dan menyediakan menu sekali makan tanpa alat-alat makan yang bisa dicuci kembali.

Secara perlahan, semua bisnis restoran mulai menyediakan layanan contactless ini. Misalnya, menu sudah tidak lagi diberikan dari tangan ke tangan, alat-alat makan yang bisa dicuci sekarang ditiadakan, lalu adanya papan menu digital dengan foto makanan dan minuman beserta harganya.

Mengapa Pengalaman Makan Contactless Penting untuk Bisnis Restoran?

Contactless dine in experience ini memudahkan pelanggan yang ingin pergi makan di restoran bersama teman-teman dan keluarga. Sebab, tiap orang tinggal pesan menu lalu bayar melalui device mereka sendiri, tak ada pula urunan untuk membayar biayanya. Dalam jangka panjang, ini akan menarik lebih banyak oranguntuk makan di restoran karena mereka tidak perlu lagi memusingkan biaya makannya. Sambil menikmati hidangan, pelanggan bisa berbagi makanan mereka dan mendapatkan reward. Jadi, Anda sekaligus melakukan marketing gratis, tak perlu mengeluarkan biaya insentif loyalty dan ada ulasan pelanggan yang bisa meningkatkan pelayanan.

Ini juga bisa meningkatkan customer retention. Sebab, restoran Anda bisa tetap keep-in-touch dengan pelanggan bahkan setelah mereka pergi meninggalkan tempat makan. Anda bisa tetap berkomunikasi melalui pesan teks dan notifikasi sehingga para pengunjung Anda akan terus kembali lagi ke restoran Anda. Tak hanya itu, contactless dine in experience juga akan mendatangkan hasil penjualan lebih tinggi. Jadi, kalau Anda memiliki sistem mobile order dan payment in-house, ini bisa meningkatkan margin dan penjualan, tidak seperti ketika Anda menyediakan layanan pesan antar.

Pengalaman Makan di Tempat ala Contactless Dining Lebih Nyaman

Ketika bisnis restoran mulai bangkit kembali, contactless dining tidak hanya berperan penting untuk keamanan tapi juga kenyamanan. Selain untuk kenikmatan bersantap di tempat, pengalaman makan di restoran ini juga bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Restoran bisa memenuhi ekspektasi pengunjung yang ingin menikmati hidangan sambil duduk-duduk santai di sana.

Terutama, para pemuda dan pemudi yang merupakan tech-savvy food enthusiast, mereka sangat menyukai restoran yang menyediakan makanan dengan nyaman, sekaligus memberikan informasi dan engagement sosial melalui kecanggihan teknologi. Dengan contactless dine in experience, hal-hal tersebut bisa mereka peroleh, yang artinya restoran Anda dapat memberikan pengalaman makan yang mengesankan dan juga konsisten.

Kesimpulan

Contactless dine in experience merupakan tool yang tepat untuk pertumbuhan jangka panjang restorn Anda. Sistem ini menggabungkan inovasi teknologi untuk mengoptimalkan kenyamanan hospitality. Keamanan staf dan pengunjung restoran, komunikasi yang tertarget dan penjualan lebih tinggi adalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari contactless dining. Apabila Anda ingin merancang strategi inovatif lainnya untuk bisnis restoran Anda, hubungi Maxsol. Sebagai perusahaan digital creative dengan pengalaman selama bertahun-tahun, Maxsol siap memberikan solusi efektif untuk bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *