Home ยป Jangan Bingung Memulai, Ini Panduan Strategi SEO untuk Pemula

Jangan Bingung Memulai, Ini Panduan Strategi SEO untuk Pemula

  • by

Istilah SEO kerap kali dikaitkan dengan website dan blog. Penerapan strategi satu ini bisa membuat website maupun blog Anda jauh lebih optimal. Strategi SEO memungkinkan website Anda berada pada mesin pencarian teratas. Secara tidak langsung, hal ini akan membuat jumlah kunjungan pada website Anda kian meningkat. Bahkan, pada website yang memang ditujukan untuk jualan, strategi ini mampu meningkatkan penjualan bisnis Anda. Hal inilah yang membuat SEO begitu penting bagi website dan blog. Tertarik untuk mempelajarinya? Simak ulasan mengenai panduan strategi SEO untuk pemula berikut.

Meski terkesan sepele, Anda harus mempelajari bagaimana cara kerja search engine dalam mengatur daftar peringkat website yang muncul di urutan teratas. Ada beberapa persyaratan dan kualifikasi tertentu yang perlu Anda atur dan patuhi sebelumnya. Salah satunya yakni mengenai keyword atau kata kunci. Cari tahu apa kata kunci relevan yang paling dibutuhkan oleh pengguna internet sehingga bisa mengarahkan mereka menuju website Anda.

Panduan Menggunakan SEO untuk Pemula

Melakukan strategi SEO ini juga tidak bisa dilakukan hanya satu ini kali saja. Anda harus terus melakukan pengoptimalan jika memang ingin website berada di peringkat teratas dalam kurun waktu yang lama. Akan terasa tidak ada artinya jika penerapan strategi SEO hanya Anda lakukan satu kali saja. Hal ini juga dikarenakan adanya pembaharuan algoritma yang seringkali dilakukan oleh pihak Google.

Strategi SEO sejauh ini terbagi menjadi dua kategori berbeda, yakni Onsite SEO dan juga Offsite SEO. Pelajari dan cari tahu kedua kategori SEO tersebut untuk bisa memaksimalkan strategi SEO dengan baik.

Onsite SEO

Melalui kategori ini, Anda nantinya akan melakukan pengoptimalan SEO dari dalam website atau blog Anda. Hal ini akan erat hubungannya dengan elemen apa yang ada di dalam website Anda. Penyusunan elemen yang tepat dan sesuai akan memudahkan search engine dalam menentukan pilihan apakah website Anda layak berada di urutan teratas. Berikut apa saja yang perlu Anda ketahui dalam mengoptimalkan onsite SEO.

1. Kata Kunci atau Keyword

Pemilihan kata kunci menjadi hal yang sangat penting untuk mendatangkan trafik organik pada website Anda. Setiap kali pengguna internet mengetikkan ide atau topik spesifik dalam kotak pencarian, mereka akan diarahkan pada website yang sejenis dengan keyword tersebut. Kata kunci atau keyword inilah yang akan menuntun para pengguna internet untuk bisa tiba di website Anda. Sehingga Anda tidak boleh menyepelekan hal yang satu ini.

Dengan melakukan pencarian kata kunci atau perhiasan keyword, Anda nantinya akan lebih mudah mengetahui apa saja keyword yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet di luar sana. Jika sudah ketemu, sisipkan keyword yang relevan pada website Anda. Anda bisa menyisipkan keyword tersebut pada isi konten, judul atau heading.

2. Konten yang Relevan

Jika Anda memang ingin menaikkan jumlah trafik atau kunjungan pada website, sebisa mungkin unggah konten yang relevan pada website Anda. Hal ini akan memudahkan para pengguna internet memahami apa saja yang ada di website Anda. Semakin relevan dengan keyword tertentu membuat jumlah kunjungan pada website Anda pun kian menarik.

Hal lainnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan yakni bagaimana navigasi pada website Anda. Pastikan Anda menawarkan kemudahan navigasi pada siapa saja yang berkunjung ke website. Navigasi yang mudah akan membuat pengunjung memiliki keinginan yang lebih untuk melakukan eksplorasi dan menjelajahi konten lainnya pada website Anda. Dengan kata lain, kemudahan navigasi ini akan membuat pengunjung semakin betah berada di website Anda.

3. User Experience

Hal ini juga tidak kalah penting untuk diperhatikan, Anda perlu memberikan kesan pertama yang bagus pada setiap pengunjung yang berada di website Anda. Semakin baik user experience yang didapatkan akan membuat para pengunjung semakin betah dan suatu saat akan mengunjungi website Anda dengan sendirinya. Salah satu cara memberikan kesan baik pada pengunjung yakni dengan memberikan pelayanan yang ramah serta informasi website yang detail. Buatlah juga beberapa kategori konten yang akan memudahkan mereka mencari tahu apa yang sedang dibutuhkan.

Selain perihal pelayanan, Anda pun juga harus mengatur layout website dengan baik. Layout yang tertata rapi dan mudah dipahami akan membuat pengunjung lebih mudah mencari apa yang mereka butuhkan. Sebaliknya, layout yang terkesan berantakan atau bahkan asal-asalan bisa membuat pengunjung tidak tertarik berlama-lama berada di website Anda. Berikan kenyamanan pada pengunjung dan atur layout website sebaik mungkin.

4. Kecepatan Loading

Tahukah Anda bahwa tingkat kecepatan loading juga menjadi hal yang patut diperhatikan dengan baik. Bayangkan saja, Anda sendiri akan merasa jenuh dan kesal setiap kali mengunjungi website dengan kecepatan loading yang lama, kan? Jika pengguna internet memang tak memiliki banyak waktu untuk menunggu, akan sangat mungkin jika mereka memilih untuk menutup website Anda dan memilih mengunjungi website lainnya. Hal ini hanya akan membuat trafik kunjungan website Anda nantinya kian menurun. Sebaliknya, website dengan kecepatan loading yang bagus akan memudahkan website Anda berada di peringkat pencarian teratas.

Offsite SEO

Setelah memahami apa saja yang termasuk onsite SEO, kini saatnya Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan offsite SEO. Kategori SEO yang satu ini lebih bertujuan untuk bagaimana mempromosikan website yang Anda miliki. Meski terbilang tidak terlalu teknis, namun memperhatikan offsite SEO tidaklah kalah penting. Langsung saja, berikut beberapa cara mengoptimalkan offsite SEO.

1. Content Marketing

Mengatur content marketing menjadi salah satu strategi yang sangat penting untuk meningkatkan jumlah kunjungan website Anda. Di sisi lain, content marketing yang baik juga secara tidak langsung akan meningkatkan reputasi dari website Anda. Bahkan, jika website Anda menjual produk atau jasa, content marketing bisa dengan mudah mempengaruhi keputusan pengunjung dalam membeli atau menggunakan produk Anda.

2. Promosi

Sekalipun Anda sudah mengatur content marketing sedemikian rupa, rasanya tentu tidak lengkap jika tak dibarengi dengan promosi. Promosi perlu Anda lakukan dengan maksimal untuk memancing jumlah pengunjung website. Semakin baik Anda melakukan promosi, akan membuat jumlah kunjungan website kian meningkat. Promosi ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, baik itu melalui media sosial atau bahkan Google Advertising. Pilih media promosi yang paling tepat dan sesuai dengan target pengunjung website Anda.

Berdasarkan ulasan yang telah disebutkan di atas, bisa disimpulkan bahwa memahami dan memulai strategi SEO memang sangat penting bagi pemilik sebuah website. Baik itu website pribadi atau bahkan website perusahaan. Pastikan Anda menerapkan setiap panduannnya dengan baik untuk bisa membuat website berhasil berada di urutan paling atas. Penerapan strategi SEO ini bisa jadi akan mengalami trial and error, mengingat tidak adanya hasil instan untuk sebuah proses strategi SEO.Jika Anda mengalaminya, jangan khawatir dan terus lakukan optimasi website secara berulang. Namun, jika memang Anda mengalami kesulitan atau jangan buntu, Anda bisa berkonsultasi pada Maxsol untuk menerapkan strategi SEO pada website Anda. Maxsol akan memberikan solusi digital creative terbaik untuk pengembangan website Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *