Home » Jangan Terlambat! Cepat Terapkan Strategi Ini Agar Bisnismu Siap Hadapi New Normal

Jangan Terlambat! Cepat Terapkan Strategi Ini Agar Bisnismu Siap Hadapi New Normal

  • by

Anda tentu sudah tidak lagi asing dengan istilah new normal, bukan? Istilah satu ini muncul didasari oleh pandemi covid-19 yang tidak kunjung berakhir. Di mana masyarakat mau tidak mau harus hidup berdampingan dengan virus. Agar penyebaran virus tidak semakin meningkat di tengah new normal, physical distancing dan protokol kesehatan lainnya haruslah tetap diberlakukan. Para pemilik usaha juga harus siap menghadapi persaingan di era new normal ini. Mengingat new normal membuat konsumen memiliki kebiasaan yang baru dan berbeda dari sebelumnya. Khususnya perihal penggunaan teknologi. Konsumen perlahan mulai berpaling dari belanja konvensional dan lebih memilih untuk belanja online. Untuk itu, para pemilik usaha harus beradaptasi dengan kebiasaan baru ini.

Adaptasi terhadap kebiasaan baru konsumen perlu dilakukan oleh pemilik usaha kecil seperti UMKM hingga menengah atau SME. Strategi bisnis yang harus diberlakukan tidak jauh-jauh dari ranah digital. Untuk memudahkan Anda dalam mengatur strategi yang tepat, berikut beberapa strategi yang bisa Anda terapkan:

Strategi Bisnis Siap Hadapi New Normal
Strategi Bisnis Siap Hadapi New Normal

Optimalkan Sosial Media

Jumlah pengguna aktif sosial media selama new normal tentu akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Kebiasaan ini perlu Anda manfaatkan untuk lebih optimal dalam menjangkau konsumen. Anda bisa lebih menggencarkan promosi atau pengenalan produk dengan memanfaatkan platform sosial media tersebut. Baik itu Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Di sisi lain, sosial media juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk terus melakukan interaksi dengan konsumen. Jangan lupa untuk juga menggunakan layanan iklan berbayar agar bisa menjangkau konsumen dengan jumlah yang lebih banyak. Sesuaikan peletakan iklan berbayar pada sosial media yang paling sering digunakan oleh target market Anda.

Atur Konten Semenarik Mungkin

Berbicara mengenai sosial media tentu tidak akan bisa terlepas dari konten atau isi sosial media itu sendiri. Agar konsumen tertarik untuk melakukan follow pada sosial media Anda, sebisa mungkin ciptakan konten yang menarik namun tetap relevan dengan apa yang Anda jual. Anda juga bisa membuat konten yang sesuai dengan trend saat ini untuk membuatnya menarik perhatian konsumen. Beri juga berbagai macam penawaran dan tips yang memang dibutuhkan konsumen selama menghadapi new normal. Variasikan konten yang Anda miliki pada berbagai macam sosial media, baik itu menggunakan foto, desain, hingga video pendek sekalipun.

Kolaborasi dengan Influencer

Melakukan kolaborasi dengan berbagai macam pihak juga bisa dijadikan sebagai strategi untuk meningkatkan brand awareness. Anda bisa melakukan kolaborasi dengan influencer yang memang memiliki audiens sesuai dengan target market yang Anda miliki. Dengan demikian, kolaborasi yang Anda lakukan bisa semakin tepat sasaran. Kolaborasi ini sendiri bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Mulai dari melakukan iklan endorsement, melakukan live streaming bersama, membuat video tutorial, dan masih banyak lagi.

Miliki Website

Mempromosikan bisnis Anda pada situs e-commerce tentu bisa menjadi pilihan yang tepat. Akan tetapi, akan lebih optimal jika Anda memiliki website sendiri. Dibandingkan dengan belanja pada situs e-commerce, belanja di website akan membuat konsumen lebih fokus pada produk yang Anda miliki. Keinginan untuk membeli dan mengetahui produk Anda pun akan lebih tinggi.

Adanya website juga memudahkan Anda dalam mengatur fitur apa saja yang tersedia. Untuk memudahkan konsumen dalam menghubungi Anda, usahakan agar website yang dimiliki terintegrasi dengan akun WhatsApp. Pasalnya, WhatsApp memiliki peran yang sangat penting dalam hal berkomunikasi dan melakukan transaksi pembelian. Di mana konsumen akan lebih nyaman melakukan transaksi melalui pengiriman pesan singkat menggunakan WhatsApp.

Beri Opsi Metode Pembayaran

Agar transaksi jual beli online yang dilakukan dapat semakin praktis, pembayaran pun bisa dilakukan secara digital. Baik itu menggunakan dompet digital atau transfer bank sekalipun. Meski demikian, tidak ada salahnya apabila Anda juga menerapkan metode pembayaran secara COD (cash on delivery). Metode pembayaran satu ini memungkinkan konsumen membayar produk setelah barang dikirim. Metode pembayaran COD sangat cocok bagi mereka yang lebih nyaman dalam bertransaksi dengan menggunakan uang cash. Semakin beragam opsi metode pembayaran yang tersedia akan membuat pengalaman belanja menjadi lebih menyenangkan.

Beri Opsi Pengiriman Barang

Proses pengiriman barang menjadi hal yang sangat penting di era new normal ini. Hal ini juga sesuai dengan kebiasaan masyarakat yang lebih memilih belanja secara online. Lakukan kerjasama dengan layanan pengiriman barang yang terpercaya dan memiliki jangkauan yang sangat luas. Sehingga konsumen dari berbagai macam daerah bisa tetap melakukan transaksi jual beli di toko online Anda. Tidak ada salahnya juga jika Anda menerapkan layanan ambil barang di toko. Layanan ini membuat konsumen bisa mengambil barangnya secara mandiri usai melakukan pembelian secara online.

Agar bisnis Anda dapat tetap unggul di tengah persaingan era new normal ini, sebaiknya Anda segera menerapkan beberapa strategi yang telah disebutkan di atas. Bagi Anda yang merasa kebingungan dalam mengaplikasikan strategi bisnis tersebut, Anda bisa mengajukan konsultasi bersama Maxsol. Perusahan yang telah berpengalaman ini siap membantu bisnis Anda untuk terjun ke berbagai macam lini digital. Kunjungi laman Maxsol dan cari tahu apa saja layanan yang ditawarkan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *