Kegunaan Software Community Platform untuk Bisnis

Anda pasti sudah pernah melihat sendiri contoh community platform online yang sukses. Sekarang ini, komunitas online banyak beranggotakan konsumen, pengguna produk, software enthusiasts hingga brand advocate. Mereka ini juga berperan sangat penting dalam membantu Anda mendapatkan informasi lengkap tentang customer.

Community-Platform

Coba bayangkan ketika Anda mengalami suatu masalah dengan software smartphone Anda. Pasti, Anda akan langsung mencari solusinya di Google. Dari sini, Anda akan diarahkan ke berbagai forum dan komunitas online, di mana anggotanya merupakan gadget enthusiast yang aktif berdiskusi tentang masalah device mereka. Maka, Anda bisa langsung berinteraksi dengan anggota komunitas online tersebut, untuk menemukan solusi permasalahan Anda.

Pentingnya Komunitas untuk Brand Bisnis

Melalui komunitas, perusahaan Anda bisa memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk bertanya tentang masalah mereka, sampai mendapat jawaban serta permasalahan mereka terselesaikan. Selain itu, Anda pun jadi lebih hemat biaya customer support karena tidak perlu memberikan jawaban kepada pelanggan yang sudah mendapatkan solusi di dalam forum komunitas tersebut.

Menentukan Custom Development untuk Community Platform

Kini, Anda sudah lebih mengerti pentingnya komunitas online untuk bisnis Anda. Sebelum Anda mulai mengelolanya, Anda perlu tahu mengenai faktor-faktor yang menjadikan sebuah komunitas itu bagus. Misalnya, Anda perlu memikirkan tentang cara mendekati pelanggan agar mau bergabung saat Anda membentuk sebuah komunitas baru, menentukan target profit dari community Anda, memilih software untuk mengelolanya. Jadi, ada banyak pilihan yang mana ini memudahkan sekaligus menjadi tantangan bagi Anda.

Meski demikian, Anda tetap bisa dengan mudah menentukan sendiri community platform yang paling sesuai untuk bisnis Anda. Apalagi, jika Anda menggunakan custom development untuk menyesuaikannya dengan bidang bisnis Anda tersebut.

Untuk itu, Anda perlu tahu lebih banyak mengenai community platform yang baik, dan bagaimana cara memulainya. Mari kita simak hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan ketika akan membangun community platform, seperti berikut ini:

1. Memahami Betul Tentang Konsep Komunitas

Sangat penting untuk menentukan tujuan dari komunitas Anda. Ini perlu Anda ketahui sebelum Anda membangun komunitas tersebut. Ini tidak hanya memudahkan tim Anda sendiri untuk mengelolanya, tapi juga bisa membantu Anda menentukan strategi yang tepat dalam mengembangkan komunitas tersebut. Ada tiga tujuan paling utama dari sebuah komunitas, yakni memberikan customer support, membangun engagement dengan customer dan membeikan pelayanan lebih baik sesuai permintaan pelanggan.

Konsep komunitas yang Anda tentukan akan membantu Anda untuk mengetahui, apakah community tersebut bisa berdiri sendiri dan terpisah dari website serta digital presence Anda, atau lebih baik diintegrasikan dengan semua website, app dan channel media sosial Anda, sehingga pelanggan bisa berinteraksi langsung kapan saja dan di mana saja mereka membutuhkannya.

2. Memahami Betul Tentang Konsep Komunitas

Seperti yang kita tahu bahwa komunitas Anda bisa memberi manfaat, baik untuk anggota maupun brand Anda. Mulai dari memberikan customer support, mengembangkan ide produk baru, hingga meningkatkan customer engagement. Di sinilah pentingnya menentukan apa yang menjadi keunikan dan juga kelebihan komunitas Anda tersebut. Ini membantu Anda membuat fitur yang sekiranya akan disukai oleh pelanggan Anda.

3. Memilih Pengelolaan Custom Atau Konfigurasi

Luangkan waktu untuk menentukan apakah Anda akan menggunakan semua sumber daya yang ada, mulai dari biaya hingga teknologi IT, untuk membuat platform komunitas custom atau yang sistemnya memakai konfigurasi secara keseluruhan. Jika Anda memilih membuatnya secara custom, maka Anda bisa menikmati fleksibilitas dan kontrol sepenuhnya terhadap fungsi dan fitur komunitas tersebut. Namun, biaya investasinya memang lebih besar. Sementara, sistem yang sudah terkonfigurasi bisa terus melakukan perbaikan fitur front end dan memperbaiki UX atau user experience, dan tidak ada biaya tambahan lagi.

4. Membagi Tugas untuk Mengelola Komunitas Bisnis

Sekarang waktunya membagi tugas untuk masing-masing divisi. Tentukan peran dan tanggung jawab setiap divisi di perusahaan Anda dalam mengelola komunitas tersebut. Siapa yang akan memegang kendali penuh atas komunitas? Bagaimana komunitas dikelola setiap harinya? Bagaimana dengan orang-orang yang bertugas mengelolanya, seperti manajer, moderator, manajer channel? Diskusikan dengan seluruh tim Anda supaya ditemukan kesepakatan bersama agar pengelolaan komunitas Anda berjalan lancar.

Tips untuk Membangun Komunitas yang Sukses

Komunitas yang sukses berarti bisa langsung menarik pelanggan untuk bergabung. Namun, untuk bisa melakukannya, maka ada tiga elemen kunci yang paling penting, yakni: konten, aktivasi dan traffic. Konten-aktivasi-traffic ini merupakan kunci utama yang akan membuat komunitas Anda berjalan dalam jangka panjang. Apapun tujuan dari komunitasnya, penting bagi Anda untuk memperhatikan dan merawat komunitas tersebut agar terus berkembang. Dengan strategi yang tepat, Anda pasti bisa mendapatkan manfaat dari komunitas tersebut untuk bisnis Anda, seiring berjalannya waktu.

Memilih Community Platform untuk Pengelolaan Optimal

Pilih platform yang dapat memastikan konten SEO (Search Engine Optimization) Anda teroptimasi dan terindeks dengan baik oleh Google. Untuk menciptakan efek dan engagement yang kuat, maka Anda bisa memilih menggunakan komunitas yang terintegrasi daripada yang berdiri sendiri dan terpisah. Ini memudahkan Anda membuat konten komunitas yang bisa disambungkan dengan digital channel Anda. Misalnya, Anda menggunakan widget yang bisa di-embed di semua halaman website atau app, sehingga pelanggan Anda bisa dengan mudah mengakses konten yang relevan di mana pun mereka berada.Untuk itu, Anda bisa mempercayakan Maxsol dalam mengelola community platform Anda. Maxsol siap memberikan solusi terbaik dalam mengelola custom development untuk komunitas online Anda. Dengan pengalaman 10 tahun di bidang Digital Creative Solution, Maxsol dapat mengelola software terbaik yang akan membuat komunitas Anda berkembang pesat.

2 thoughts on “Kegunaan Software Community Platform untuk Bisnis”

  1. Pingback: Pengaruh Digital COVID-19 Terhadap Perilaku Konsumen di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *