Home » Kenali Langkah Tepat Pertahankan Bisnis di Era Low Touch Economy

Kenali Langkah Tepat Pertahankan Bisnis di Era Low Touch Economy

  • by

Keadaan isolasi dan social distancing yang diberlakukan selama masa pandemi Covid-19 nampaknya masih akan terus berlangsung sampai nanti. Bahkan, kita mungkin tidak akan pernah tahu secara pasti kapan ini akan berakhir.

Dalam beberapa bulan terakhir ini, telah terjadi perubahan besar-besaran dalam tatanan kehidupan masyarakat serta sistem operasional perusahaan. Sebenarnya, ini mengesankan karena kemampuan adaptasi manusia yang sangat baik jadi bisa terlihat.

Pertahankan Bisnis di Era Low Touch Economy
Pertahankan Bisnis di Era Low Touch Economy

Kondisinya Sudah Jauh Berbeda, Sulit Kembali Seperti Semula

Tak dapat dipungkiri bahwa dari hari ke hari, semakin lama waktu berjalan, makin sulit pula untuk kembali ke keadaan normal. Bukan berarti pengaruhnya tersebut menjadikan dunia lebih baik atau lebih buruk. Namun, jelas berbeda.

Seiring adanya himbauan isolasi diri, maka perubahannya akan terus terasa di segala bidang kehidupan. Terutama, untuk bisnis. Ada bisnis yang jadi bisa berkembang pesat. Sementara lainnya akan berjuang berat untuk bisa mengatasi kekacauan.

Apapun yang terjadi, kita semua harus siap untuk belajar dengan cepat dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi. Ini saatnya menyambut Low Touch economy.

Tahun-Tahun Berikutnya Akan Dipengaruhi oleh Pandemi Saat Ini

Dahulu, kita selalu berjabat tangan sebagai bentuk komunikasi terutama saat berkenalan. Namun, kini kita sudah menggunakan standar baru sehingga hal tersebut kita tinggalkan. Low Touch Economy bahkan lebih dari itu. Perubahan standar yang baru akan sangat berdampak terhadap perekonomian dan konsumen dalam jangka panjang.

Apalagi, dengan vaksin yang masih belum ditemukan secara resmi, kita masih harus tetap waspada. Hal yang perlu diingat adalah keamanan. Kita pun akan selalu ditantang untuk mencoba trial dan error, sembari menunggu pemerintah memulihkan keadaan.

Dalam 1-2 Tahun ke Depan Kita Mungkin Tetap Mengikuti Sistem New Normal

Kondisi pandemi sekarang ini memicu serangkaian peristiwa yang akan mempengaruhi cara berinteraksi antara konsumen dan bisnis. Ada prediksi mengenai apa yang akan terjadi dalam beberapa tahun ke depan, seperti berikut ini:

First Shock Tahun 2020Pandemi Covid-19 merebak di seluruh dunia

Aftershock Tahun 2020 – Banyak orang kehilangan pekerjaan, perusahaan-perusahaan mengalami kebangkrutan akibat kondisi lockdown

Aftershock Tahun 2020 – Menuju tahun 2021 yang diprediksi menjadi masa-masa di mana vaksin sudah berhasil dibuat, kondisi ekonomi dunia masih naik turun

Tahun 2021 – Vaksin ditemukan, keadaan mengalami perubahan besar setelah ini terjadi

Aftershock Tahun 2021 – Kemungkinan jatuhnya nilai mata uang dunia seperti Euro, tapi ada peningkatan kualitas pengobatan Covid-19, serta kekebalan masyarakat semakin meningkat

Aftershock Tahun 2022 – Keadaan benar-benar kembali ke new normal, kemungkinan besar berarti kembali seperti sedia kala sebelum merebaknya Covid-19

Jadi, Apa yang Harus Dilakukan oleh Perusahaan Sekarang Ini?

Anda perlu melakukan improvisasi untuk menjaga keberlangsungan bisnis. Apapun skala bisnis Anda, baik itu besar maupun kecil, yang penting adalah bisa bertahan. Berikut strateginya:

Langkah 1 – Menilai Dampaknya

Anda tidak perlu langsung memprediksi segala sesuatu yang memang tidak pasti. Mulailah dengan memperhatikan efek dari Low Touch Economy sekarang ini terhadap bisnis Anda. Kemudian, amati juga dampaknya terhadap supplier dan konsumen Anda, serta masyarakat.

Langkah 2 – Mengembangkan Strategi

Coba pahami kembali bagaimana krisis ekonomi yang serupa pernah terjadi di masa lalu. Jadikan itu pembelajaran. Tanyakan pada diri sendiri, “apa yang harus saya lakukan untuk tetap berkembang dalam situasi ini?” serta “aspek bisnis apa yang harus saya pelajari dan kembangkan?”

Langkah 3 – Merencanakan Inovasi

Memang untuk saat ini, Anda sedang mengalami banyak tekanan pada bisnis Anda. Namun, justru itu saatnya Anda mulai merencanakan fase berikutnya. Coba mulai pertimbangkan, inovasi apa yang bisa Anda buat? Bagaimana Anda bisa menarik pasar untuk tetap membeli produk dan jasa Anda?

Langkah 4 – Mewujudkan Semuanya

Manfaatkan new normal untuk meninjau kembali sistem bisnis Anda yang sebelumnya. Cobalah bekerja lebih efektif dengan tim remote, buat model bisnis yang baru. Hire juga orang baru sebagai pemimpin yang memiliki keterampilan untuk melaksanakan semua rencana secara efektif.

Semuanya Masih Tidak Pasti, Tapi Harapan Juga Tetap Selalu Ada

Tidak ada yang bisa memprediksi masa depan, sehebat apapun prediksi berupa perhitungan rumit berdasarkan data dan fakta. Jadi, kita pun hanya bisa bersiap untuk apapun yang akan terjadi. Maka dari itulah, Anda bisa mempersiapkan bisnis untuk segala kemungkinan, mulai dari yang baik hingga buruk. Lakukan sambil menentukan arah bisnis Anda untuk menghadapi kemungkinan yang paling mungkin terjadi.

Ingat bahwa Low Touch economy akan terus tumbuh dan mengalami perubahan, terutama saat kita bersiap untuk menghadapi ketidakpastian berikutnya. Misalnya, terjadi pemanasan global, perang harga minyak dunia, hingga terjadinya resesi ekonomi yakni penurunan pada seluruh aktivitas perekonomian.

Namun, Anda bisa tetap menjaga pertumbuhan bisnis Anda dengan baik di masa pandemi ini bersama Maxsol. Anda bisa berkonsultasi mengenai berbagai macam strategi bisnis. Anda pun bisa menggunakan berbagai layanan digital dari Maxsol untuk mengembangkan bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *