Home ยป Mengenal Sistem ERP Beserta Penerapannya pada Bisnis

Mengenal Sistem ERP Beserta Penerapannya pada Bisnis

  • by

Sistem ERP pada dasarnya sudah semakin banyak digunakan untuk bisnis. ERP merupakan software yang dapat berfungsi untuk membantu memudahkan sistem operasional suatu bisnis. Jadi, dengan adanya ERP maka sistemnya jadi lebih cepat dan juga efisien. Para pelaku industri pun kini menggunakan teknologi sistem ERP. Meski demikian, tidak sedikit orang yang belum mengenal betul sistem ERP ini. Mari kita simak ulasan singkat tentang ERP.

Sistem ERP Beserta Penerapannya pada Bisnis
Sistem ERP Beserta Penerapannya pada Bisnis

Pengertian ERP

ERP atau Enterprise Resource Planning adalah proses bisnis yang dijalankan perusahaan dalam fungsional seperti keuangan, sumber daya manusia, manufacture, pembelian, bagian umum dan lainnya, di mana semuanya diintegrasikan menjadi satu dalam sebuah sistem. Jadi, perusahaan yang menjalankan sistem ERP bisa lebih mudah dan cepat ketika melakukan transaksi di dalam ruang lingkup bidang bisnisnya.

Komponen dalam ERP

Secara umum, ada tiga komponen dalam sistem ERP, yakni perusahaan (enterprise), sumber daya (source), dan perencanaan (planning). Maksud sumber daya di sini dapat berupa manusia, aset, atau modal. Apabila kurang satu elemen saja dalam sistem ini, maka kita tidak bisa menyebut bahwa ERP itu layak untuk digunakan.

Kita dapat mengimplementasikan sistem ERP di segala macam bidang industri bisnis, mulai dari retail, manufaktur, hotel, restoran, travel, pendidikan dan bahkan organisasi maupun instansi lainnya yang memiliki sistem komputerisasi.

Manfaat Sistem ERP

Awalnya, ERP digunakan hanya pada industri manufaktur. Namun, dengan adanya permintaan yang melebihi kapasitas, dan persaingan semakin ketat, maka ERP jadi sangat membantu operasional industri ini. Hal tersebut karena manufaktur memiliki sistem kerja dengan fokus terhadap operasi mesin. Jadi, apapun tindakan yang bisa menguras biaya harus dikurangi atau dihilangkan, contohnya seperti menyimpan data dengan menggunakan kertas.

Akhirnya ini bisa direalisasikan dengan adanya ERP. Sebab, software ini menggunakan sistem penyimpanan yang memakai cloud. Di mana, data-data disimpan secara digital. Ini membantu perusahaan untuk berhemat karena tidak lagi perlu mengeluarkan biaya penyimpanan data.

Masih ada banyak manfaat ERP lainnya jika diterapkan di perusahaan, yaitu:

Mengurangi Biaya Operasional

Seperti yang telah disebutkan bahwa ERP bisa membantu menghemat biaya operasional. Ini karena adanya otomatisasi untuk aktivitas operasional. Jadi, semua gangguan, kendala dan kerusakan sudah bisa diantisipasi dengan tepat. Hal tersebut juga membuat pekerjaan yang kompleks bisa lebih cepat selesai. Tak hanya itu, perusahaan Anda bahkan bisa memangkas biaya tenaga kerja. Sebab, sebagian besar pekerjaan manual sudah diambil alih oleh ERP.

Meningkatkan Efisiensi

Sistem ERP dapat membantu menyederhanakan aktivitas operasional yang menghabiskan waktu dan tenaga. Misalnya, aktivitas seperti mengawasi jam kerja, menggaji karyawan, membuat laporan keuangan, kini semuanya bisa dilakukan dengan otomatis. Ini memudahkan tim Anda untuk lebih fokus saat menyelesaikan pekerjaan lain yang lebih penting.

Adanya sistem ERP untuk mengakses data juga sangat membantu pekerjaan manajer atau pihak manajemen. Manajer akan dapat lebih mudah mengawasi kinerja setiap karyawan melalui dasbor. Apalagi, semua data yang diperlukan bisa dikelola dan diberikan secara real-time.

Meningkatkan Keamanan Data

Anda bisa melakukan pengawasan titik akses dengan ketat jika menggunakan sistem ERP. Ini karena semua data tersimpan di dalam sistem yang terpusat. Jadi, keamanannya pun terjaga dengan baik.

Sementara, admin pengelola data bisa memberikan hak akses kepada karyawan, tapi terbatas saja. Contohnya, data-data penting bisa disembunyikan oleh manajer HR agar dapat diakses oleh dirinya sendiri dan pihak manajemen lainnya. Sedangkan, karyawan diberi hak akses hanya untuk melihat data milik mereka sendiri.

Di samping itu, ERP bisa menampilkan aktivitas yang dilakukan oleh pengguna. Ini membantu admin untuk mengetahui segala aktivitas mencurigakan atau tindakan pelanggaran dengan mudah, karena langsung masuk ke dalam sistem.

Mengoptimalkan Kolaborasi

Kolaborasi di antara departemen bisa dilakukan dengan lebih lancar. Sebab, data yang sudah diinput ke dalam ERP akan jadi terpusat dan datanya pun konsisten, ini menghilangkan gap antar departemen yang satu dan lainnya. Setiap departemen jadi bisa mengakses data dari departemen yang lain. Tak hanya itu, ERP dengan basis cloud bisa meningkatkan kolaborasi di antara semua tim di dalam perusahaan, dengan menggunakan koneksi melalui internet.

Akurat dalam Membuat Prakiraan Bisnis

Forecast atau perkiraan yang tepat merupakan salah satu hal terpenting di dalam sebuah bisnis agar bisa maju. Pemegang kepentingan perlu menggunakan hasil laporan dalam membuat prakiraan, di mana inilah yang mempengaruhi pengambilan keputusan.

Ini sebabnya, laporan yang konsisten, lengkap dan real-time sangat diperlukan di dalam sebuah bisnis. Semuanya bisa didapatkan dengan mudah dari sistem ERP.

Sebab, ERP menghasilkan laporan yang menggunakan analitik canggih serta filter yang mampu menyaring data sehingga terlihat mana yang tidak konsisten. Jadi, kita bisa mengetahui data yang benar-benar didapat berdasarkan waktu sebenarnya yang tepat dan akurat. Jadi, laporan bisnis yang akurat ini dapat membantu pengambilan keputusan terbaik untuk perusahaan.

Kesimpulannya, sistem ERP penting untuk bisnis Anda. Terutama, untuk menekan biaya serta mengoptimalkan kinerja sistem operasional di dalam perusahaan. Kelola ERP bisnis Anda bersama Maxsol yang sudah berpengalaman selama 10 tahun di bidang digital creative solution.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *