Optimasi Omnichannel Customer Experience (CX) Terbaik Saat New Normal

  • by

Pandemi covid-19 ini membuat aktivitas di luar rumah menjadi berkurang. Sebaliknya, masyarakat dihimbau untuk terus berdiam diri di rumah saja. Tujuannya tidak lain untuk menghambat penyebaran virus itu sendiri. Berkurangnya aktivitas di luar rumah secara tidak langsung juga akan mempengaruhi kebiasaan orang-orang dalam belanja. Mereka lebih memilih melakukan transaksi belanja online yang bisa dilakukan tanpa keluar rumah. Hal ini tentu membuat banyak pertokoan mengalami penurunan konsumen secara signifikan. Tidak jarang, pemilik toko juga memilih untuk menutup toko sementara sembari menunggu situasi benar-benar aman. Untuk mengatasi penurunan jumlah konsumen, para pemilik bisnis haruslah terus memikirkan cara bagaimana agar bisa tetap bertahan di era new normal ini.

Omnichannel Customer Experience (CX) Terbaik New Normal
Omnichannel Customer Experience (CX) Terbaik New Normal

Salah satu cara yang bisa digunakan yakni dengan menerapkan dan mengoptimalkan ritel omnichannel. Apa itu ritel omnichannel? Ritel omnichannel merupakan sebuah strategi pendekatan kepada konsumen melalui berbagai macam platform. Di mana pemilik usaha yang menerapkan omnichannel ini tidak hanya memiliki toko fisik saja, namun juga memiliki platform lainnya yang bisa dijangkau oleh konsumen. Diantaranya seperti penggunaan dari e-commerce, social commerce, website, dan lain sebagainya. Penerapan dari ritel omnichannel akan memberikan customer experience (CX) terbaik kepada konsumen. Sehingga para konsumen bisa menjangkau dan berinteraksi dengan toko melalui berbagai macam cara.

Bisnis yang mengoptimasi omnichannel ini tentu dapat lebih cepat pulih dibandingkan mereka yang hanya mengandalkan toko fisik saja. Mengingat, penerapan dari teknologi digital menjadi solusi terbaik di tengah pandemi covid-19 ini. Berbagai macam aktivitas yang dilakukan masyarakat kini hampir tidak bisa terlepas dari pengaruh digital itu sendiri. Meski pandemi covid telah berakhir dan situasi menjadi aman, penerapan digital pun masih bisa Anda terapkan pada bisnis nantinya. Hal ini dikarenakan masyarakat sudah semakin terbiasa dengan aktivitas online.

Untuk memudahkan Anda dalam menerapkan ritel omnichannel dan memberikan customer experience terbaik, berikut ini beberapa tindakan yang bisa Anda terapkan:

Adakan Live Streaming

Untuk memudahkan konsumen dalam beradaptasi dengan perubahan new normal ini, Anda bisa mencoba untuk menerapkan adanya live streaming. Meski tidak bisa bertatap langsung dengan konsumen, cara yang satu ini diklaim efektif dalam meningkatkan interaksi antara Anda dan konsumen secara langsung. Bahkan, live streaming ini juga bisa memberikan pengalaman belanja online yang tidak jauh berbeda dengan belanja konvensional.

Untuk mendapatkan penonton live streaming yang cukup banyak, Anda perlu menentukan tanggal live streaming jauh-jauh hari. Promosikan di sosial media mengenai agenda live streaming tersebut. Konten yang bisa Anda pilih melalui layanan live streaming ini juga beragam, mulai dari mengenalkan produk baru, mereview produk secara mendetail, hingga memberikan tips and trik yang masih relevan dengan apa yang Anda jual. Semakin informatif hal yang Anda sampaikan akan membuat konsumen semakin betah dan setia menonton live streaming hingga akhir. Perlu diketahui juga bahwa pemilihan waktu mengadakan live streaming akan sangat berpengaruh pada jumlah viewers.

Aktifkan Komunitas Digital

Buatlah sebuah komunitas digital yang berisikan orang-orang dengan kebutuhan atau ketertarikan yang sama. Tentulah komunitas digital yang Anda buat harus tetap relevan dengan jasa atau barang yang ditawarkan. Komunitas digital bisa dibentuk melalui berbagai macam platform, salah satunya yakni memanfaatkan fitur group pada sebuah aplikasi. Agar Anda bisa mendapatkan anggota komunitas yang cukup banyak, Anda bisa memberi sebuah penawaran yang menarik. Seperti adanya promo khusus bagi mereka yang tergabung dalam komunitas.

Dalam komunitas digital tersebut, Anda bisa mengirimkan sebuah video yang berisi pelatihan atau informasi menarik lainnya yang dibutuhkan konsumen. Anda juga bisa menjadikan isu new normal sebagai salah satu topik yang akan diangkat di dalam group. Hal ini akan membuat para anggota komunitas merasa lebih diperhatikan dan bisa saling sharing mengenai kebiasaan baru yang dilakukan. Semakin aktif komunitas digital akan membuat penjualan produk Anda semakin meningkat dengan sendirinya.

Optimalkan Website

Selain memanfaatkan sosial media, website juga menjadi salah satu media yang harus Anda optimalkan di tengah penerapan new normal. Pastikan website yang Anda miliki juga telah terintegrasi dengan tampilan smartphone. Hal ini akan membuat konsumen merasa lebih betah dan nyaman mengakses website Anda. Pasalnya, jumlah pengunjung website tentu lebih banyak dari smartphone daripada PC, bukan? Bagaimana kestabilan dan kecepatan situs juga perlu diperhatikan dengan baik. Mengakses website dengan kecepatan yang buruk akan mempengaruhi customer experience.

Sebisa mungkin atur tampilan website layaknya sebuah pertokoan. Di mana Anda bisa menampilkan produk paling populer pada halaman website. Penempatan produk menjadi hal yang penting karena dapat berdampak pada psikologi konsumen dalam memilih produk apa saja yang akan dibeli. Beri juga tambahan fitur seperti keranjang belanjaan layaknya seperti belanja konvensional. Agar customer experience dapat semakin meningkat, beri pilihan berbagai macam metode pembayaran yang bisa dipilih. Beberapa pilihan metode pembayaran yang bisa dipilih diantaranya seperti kartu debit, kartu kredit, dompet digital, hingga COD sekalipun.

Virtual Try-On

Permasalahan dari belanja online tentu membuat konsumen tidak bisa mencoba produk secara langsung. Untuk mengatasi permasalahan satu ini, Anda bisa menghadirkan layanan baru yang disebut dengan Virtual Try-On. Brand perhiasan Kendra Scott menjadi salah satu perusahaan yang telah menerapkan layanan satu ini. Di mana mereka telah memanfaatkan penggunaan dari Augmented-Reality (AR) untuk membuat konsumen melihat produk dengan lebih jelas. Konsumen bisa dengan mudah mengetahui tampilan produk dari berbagai macam sisi serta kondisi saat produk bergerak sekalipun. Layanan Virtual Try-On tentu akan memberikan pengalaman yang unik dan berbeda layaknya belanja langsung, kan? Konsumen pun dapat belanja online dengan lebih nyaman.

Tindakan yang telah disebutkan di atas harapannya tentu tidak hanya sebagai strategi pemulihan saja, namun juga sebagai cara untuk mengembangkan bisnis Anda dengan menerapkan omnichannel sehingga memberikan customer experience terbaik. Apabila Anda masih kesulitan dalam menerapkan berbagai macam tindakan tersebut, Anda bisa langsung melakukan konsultasi bersama Maxsol. Perusahaan Digital Industry satu ini juga hadir dengan berbagai macam layanan digital yang siap membantu bisnis Anda agar lebih berkembang dari sebelumnya. Khususnya di tengah pandemi covid-19 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *