Memahami Pengertian Community Marketing Beserta Jenisnya

Sebagai makhluk sosial, manusia pasti perlu bersosialisasi. Termasuk salah satu caranya yakni dengan bergabung di dalam komunitas. Berkat adanya kehadiran internet, kini Anda semakin mudah jika ingin menjadi bagian dari komunitas secara online. Maka dari itulah, community marketing kini menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling tepat untuk dilakukan.

Community Marketing

Salah satu contoh brand yang memiliki komunitas besar adalah Nike. Nike memiliki halaman Facebok dengan total 33 juta likes serta pengikut. 33 juta orang tersebut diberi akses untuk menikmati layanan eksklusif dari Nike yang bermanfaat dan menarik, seperti quote, foto, video serta konten-konten lainnya. Jadi, melalui semua kontennya tersebut, Nike bisa dengan leluasa mengakses audiens sekaligus menciptakan suatu persepsi tertentu untuk mereka.

Definisi Community Marketing

Community marketing merupakan suatu strategi pemasaran dengan fokus terhadap brand presence atau kehadiran brand. Tujuannya yakni melakukan interaksi antara brand dengan komunitas konsumen yang sudah ada. 

Seringkali, komunitas itu terbentuk dan terdiri dari sekelompok orang yang menyukai produk tertentu. Produk yang sangat banyak digunakan sampai bisa membentuk komunitas penggunanya antara lain yaitu gadget dan kendaraan bermotor, jadi produknya seperti smartphone, laptop, motor, mobil dan sebagainya.

Biasanya, marketing seperti ini dilakukan melalui media sosial, di mana di tempat tersebut menjadi platform sekaligus wadah tempat komunitas berkumpul. Biasanya, platform yang paling sering digunakan yakni grup dan halaman Facebook, akun bisnis Instagram, dan akun bisnis Twitter.

Peranan Penting Komunitas dalam Bisnis

Di dalam komunitas, semua anggotanya akan berinteraksi untuk menyelesaikan permasalahan mereka. Kadang, mereka juga bisa memenuhi kebutuhan dari bantuan anggota komunitas lainnya. Bisnis Anda juga bisa memanfaatkan komunitas sebagai tempat untuk berbagi informasi terbaru, menanggapi keluhan, menerima kritik dan saran serta menjawab pertanyaan anggotanya.

Hubungan yang terjalin antara Anda dan konsumen melalui komunitas itu bermanfaat bagi kedua belah pihak. Anda bisa mendapatkan feedback yang bermanfaat untuk peningkatan kualitas produk Anda, sedangkan konsumen Anda merasa puas dan dihargai. Pada akhirnya, ini bisa membuat konsumen jadi sangat loyal kepada Anda.

Jenis marketing ini sendiri sangat bermanfaat untuk bisnis Anda. Menurut Brain & Company, Anda memerlukan biaya sebesar enam sampai tujuh kali lebih besar untuk mendapatkan customer baru, daripada mempertahankan pelanggan lama. Maka dari itu, Anda bisa berhemat biaya untuk iklan kalau bisnis Anda fokus kepada community marketing.

Mengenal Jenis Community Marketing

Jenis community marketing ada dua, yakni marketing organik dan marketing bersponsor. Pengertian organik yaitu ketika semua konsumen Anda saling berinteraksi sendiri dan brand Anda tidak perlu menggerakkan mereka. Jadi, konsumen ini saling berkomunikasi dengan cara saling bertanya, menyampaikan feedback, serta menilai brand Anda.

Kelebihannya yakni brand Anda jadi memiliki reputasinya sendiri tanpa perlu upaya marketing yang besar dari Anda. Namun, kekurangannya adalah saat ada konsumen yang tidak suka dengan produk tertentu. Maka banyak konsumen lainnya akan terpengaruh secara langsung dan ini bisa membuat reputasi brand Anda jadi terlihat buruk. 

Hal tersebut yang menjadi alasan pentingnya Anda selalu memantau forum komunitas di mana para konsumen Anda melakukan diskusi tentang brand dan produk Anda. Langkah ini bisa menjadi antisipasi agar Anda bisa melakukan tindakan tepat yang dapat meminimalisir risiko tersebut.

Sementara, pengertian bersponsor yakni marketing yang disponsori oleh brand Anda, sehingga konsumen tak hanya dapat berinteraksi dengan anggota komunitas lainnya, tapi juga brand Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih memantau interaksi yang terjadi di dalam komunitas, memberikan respon terhadap masalah atau menjawab pertanyaan, serta menyampaikan informasi yang eksklusif kepada konsumen Anda. Ini akan membuat konsumen puas dan mereka jadi sangat loyal. Anda pun jadi punya basis konsumen yang kuat.

Kesimpulan

Jika ingin mengembangkan bisnis, maka Anda bisa mengelola media sosial brand Anda untuk bersama Maxsol. Media sosial yang dikelola secara optimal bisa menjadi wadah bagi para konsumen yang menyukai produk Anda. Dari sini, Anda pun bisa menciptakan komunitas brand yang kuat dengan basis konsumen yang besar.

Untuk pengelolaan media sosial sendiri, diperlukan konten yang selalu terkini, menarik dan bermanfaat. Di samping itu, Anda perlu mengetahui strategi engagement yang tepat, agar konten Anda bukan hanya enak dilihat dan dibaca, tapi juga bisa menggerakkan konsumen untuk melakukan tindakan yang menguntungkan brand Anda, seperti misalnya melakukan pembelian produk baru Anda. Maka dari itulah, upaya marketing Anda tersebut akan semakin optimal dengan bantuan tim dari Maxsol yang sudah berpengalaman selama 10 tahun dalam bidang Digital Industry. Bersama Maxsol, bisnis Anda akan berkembang lebih pesat dan menjadi yang terdepan. Percayakan community marketing bisnis Anda kepada Maxsol.

1 thought on “Memahami Pengertian Community Marketing Beserta Jenisnya”

  1. Pingback: Kegunaan Software Community Platform untuk Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *