Pentingnya Digital Transformation untuk Bisnis Serta Cara untuk Memulainya

Kondisi kita saat ini dalam masa-masa pandemi Covid-19 membawa perubahan besar bagi masyarakat. Terutama, di bidang lapangan pekerjaan di mana banyak orang terpaksa kehilangan sumber pendapatan karena berlakunya sistem WFH atau Work From Home. Sebenarnya, ini tidak akan terjadi jika Anda sudah menerapkan digital transformation untuk bisnis. Selain itu, karena peristiwa yang sekarnag terjadi, kita jadi tahu betapa pentingnya digital transformation terutama untuk bisnis.

Digital Transformation

Apa Itu Digital Transformation?

Digital transformation merupakan perubahan budaya, organisasional dan operasional dari suatu organisasi, industri atau ekosistem, melalui integrasi pintar maupun teknologi, proses dan kompetensi digital di semua level dan fungsi, dengan cara yang terstruktur rapi. 

Digital transformation yang juga dikenal dengan istilah DX atau DT memanfaatkan teknologi untuk menciptakan value atau stakeholder yang bervariasi, membuat inovasi, serta menggunakan kemampuannya untuk beradaptasi dengan cepat dalam menghadapi situasi dan kondisi yang terjadi.

Sederhananya, digital transformation merupakan proses mengadaptasi dan mengembangkan proses bisnis dan customer experience dengan menggunakan teknologi digital. Jadi, digital transformation mengharuskan Anda untuk mengintegrasikan teknologi digital ke dalam semua area bisnis Anda.

Contoh Digital Transformation yang Paling Umum

Berdasarkan pengertiannya, sekarang kita sudah lebih memahami arti dari digital transformation. Berikut beberapa contoh digital transformation yang paling umum kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Perubahan dari material marketing cetak menjadi digital.
  2. Perubahan dari campaign melalui surat cetak menjadi campaign email yang terotomatisasi.
  3. Toko-toko ecommerce menggantikan toko fisik yang lebih tradisional.
  4. ATM menggantikan fungsi teller bank.
  5. Chatbot menggantikan agen call center.
  6. Screenshot transaksi menggantikan kertas struk bukti pembayaran.

Tujuan Utama Digital Transformation

Tujuan digital transformation adalah untuk membantu setiap organisasi dalam beradaptasi dengan kondisi bisnis yang terus berubah dengan cepat. Digital transformation membantu bisnis mencapai tujuan ini dengan cara:

Meningkatkan Efisiensi

Digital transformation berfokus untuk mengoptimalkan proses dan mempercepat alur kerja serta menjadikannya lebih efisien. Ini memudahkan tim Anda untuk menghemat waktu dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka, sekaligus menciptakan digital workflow atau alur kerja digital dengan lebih efisien.

Meningkatkan Pelayanan

Tujuan penting semua program digital transformation yaitu untuk memenuhi kebutuhan customer secara lebih efektif. Begitu Anda sudah menargetkan tujuan tersebut, maka bisnis Anda pun bisa bekerja lebih baik dalam menambah pendapatan dan menaikkan profit.

Berkolaborasi dengan Lebih Baik

Salah satu tujuan utama digital transformation yaitu untuk memecahkan masalah di dalam organisasi dan meningkatkan komunikasi antar divisi. Kenyataannya, program digital transformation benar-benar berfungsi secara efektif ketika semua divisi bergabung dan berkolaborasi satu sama lain.

Mengoptimalkan Proses

Digital transformation membawa perubahan yang intensif bagi bisnis Anda. Ini berpengaruh terhadap aktivitas, proses dan kompetensi, serta model bisnis. Tujuan utamanya adalah memproses optimasi. Apalagi, jika mempertimbangkan betapa cepat teknologi mengubah sistem industri saat ini, maka penting untuk selalu siap dalam menghadapi serta beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

Keuntungan Digital Transformation yang Membuatnya Penting

Banyak organisasi dan bisnis mulai menerapkan digital transformation. Namun, kenapa hampir semua bisnis sekarang ini lebih memprioritaskan digital transformation? Jawabannya adalah karena keuntungan yang didapatkan darinya. Berikut lima keuntungan digital transformation yang bisa menjadikan bisnis Anda lebih baik:

Membuat Operasional Bisnis Lebih Efisien

Jika biasanya Anda harus menjalankan sistem IT yang lambat, maka dengan digital transformation, bisnis Anda bisa berjalan lebih cepat dan responsif terhadap tren yang sedang ada di pasaran. Proses yang biasanya manual digantikan dengan elektronik dan sistemnya pun lebih cepat, sehingga ini dapat meningkatkan efisiensi bisnis Anda secara keseluruhan.

Customer Experience yang Lebih Baik

Digital transformation berfokus untuk meningkatkan engagement dengan customer dalam segala aspek. Ketika Anda berfokus kepada customer, maka bisnis Anda bisa lebih baik dalam merespon permintaan customer, dan beradaptasi dengan industri bisnis yang kompetitif. Adanya integrasi dengan teknologi juga membuat pelayanan bisnis Anda terasa lebih baik dan cepat bagi customer.

Mengurangi Biaya dan Menambah Pendapatan

Mengoptimalkan teknologi dan sistem operasi bisnis berarti Anda mengurangi biaya-per-transaksi dan menaikkan penjualan. Studi terbaru mengungkap bahwa digitalisasi bisnis mengurangi biaya operasional hingga 20%. Tak hanya itu, proses digitalisasi juga membuat pengelolaan biaya jadi lebih efisien. Ini membuat proses produksi dan penjualan jadi lebih terkendali dan hasilnya semakin baik. Digitalisasi juga membantu perusahaan menciptakan model bisnis dan sumber pendapatan.

Mengurangi Risiko Bisnis

Melakukan digital transformation dapat mengurangi risiko dan membuat bisnis Anda lebih siap dalam menghadapi masa depan. Ketika Anda mengubah semua proses jadi terotomatisasi, mulai dari komunikasi, alur kerja, hingga feedback antar divisi, maka bisnis Anda bisa memastikan bahwa tidak ada yang terlewat dan semua masalah teratasi dengan solusi tepat.

Memulai Digital Transformation

Digital transformation itu penting untuk bisnis Anda. Apalagi, saat terjadi kondisi tidak terduga seperti misalnya pandemi sekarang ini, di mana Anda tidak bisa melayani konsumen secara langsung karena adanya karantina. Ketika bisnis Anda sudah mengalihkan semua sistemnya ke digital, maka apapun kendala yang terjadi pasti Anda siap beradaptasi dengannya.  

Melalui layanan digital yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu, bisnis Anda selalu siap sedia memberikan pelayanan kepada konsumen kapan saja dan di mana saja. Bagaimana cara memulainya? 

Optimalkan digital transformation bisnis Anda bersama Maxsol. Semua solusi digital untuk bisnis Anda akan terjawab ketika Anda mempercayakannya kepada Maxsol, yang sudah berpengalaman selama 10 tahun dalam bidang Digital Creative Solution

1 thought on “Pentingnya Digital Transformation untuk Bisnis Serta Cara untuk Memulainya”

  1. Pingback: Gencarkan Layanan Delivery Restoran Selama Konsumen #DiRumahAja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *