Mengetahui Peranan Penting Chatbot untuk Bisnis

  • by

Kondisi pandemi COVID-19 yang kini sedang terjadi membawa dampak perubahan besar terhadap perekonomian Indonesia. Akibat gerakan WFH (Work From Home) atau Di Rumah Aja, banyak bisnis yang mengalami kerugian besar, bahkan tidak sedikit pekerja yang menjadi pengangguran. Di sinilah pentingnya peranan chatbot untuk bisnis.

Chatbot untuk Bisnis

Pasalnya, kita tidak tahu kapan dan bagaimana akan terjadi situasi yang tak terduga seperti sekarang ini. Sementara, chatbot sendiri merupakan bagian dari digitalisasi dalam sistem bisnis yang sangat besar peranannya. Apalagi, dalam kondisi seperti saat ini.

Secara umum, peran chatbot untuk bisnis yakni bisa membantu terjadinya proses revolusi digital, dan memberikan informasi secara akurat untuk masyarakat, termasuk mengenai persebaran dan cara melawan COVID-19. Maka dari itu, mari simak tentang peranan chatbot lebih lanjut.

Apa Itu Chatbot?

Chatbot merupakan perangkat lunak yang khusus dirancang untuk memberikan layanan obrolan melalui audio atau teks dengan satu orang atau lebih. Untuk itu, di dalamnya ada robot yang menjadi tokoh virtual. Robot ini diberi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan yang membuatnya mampu secara otomatis merespon ketika ada orang mengirim pesan chatting kepada chatbot.

Chatbot untuk bisnis bekerja dengan cara memahami kata kunci. Jadi, chatbot akan melihat kata kunci dalam chat seseorang, kemudian menilai jawaban yang paling mendekati kata kunci tersebut. Itulah yang diberikan chatbot sebagai jawaban cepat dan akurat untuk pertanyaan orang-orang.

Adapun teknologi lainnya yang digunakan chatbot untuk menjawab pertanyaan yakni Natural Language Processing (NLP), Deep Learning dan Machine Learning. NLP itu penting sekali bagi chatbot sebab teknologi tersebut mampu membantu chatbot memahami bahasa pertanyaan yang diajukan. Jadi, ini memudahkan chatbot untuk memberikan jawaban dalam bahasa yang sama dengan pertanyaan tersebut.

Kini, kita sudah lebih memahami tentang pengertian chatbot. Sekarang mari melihat apa saja peranan chatbot untuk perkembangan bisnis Anda.

Pentingnya Chatbot untuk Bisnis

Kalau bisnis Anda menerapkan chatbot dalam pelayanan konsumen, maka ini bisa membuat layanan jadi lebih baik. Anda bisa mengurangi biaya operasional tapi tetap melayani selama 24 jam. Ini juga akan membuat brand Anda lebih disukai oleh konsumen. Coba simak manfaat chatbot untuk bisnis selengkapnya berikut ini:

Memberikan Pelayanan Selama 24 Jam

Tak seperti manusia yang harus beristirahat saat malam hari, chatbot tidak perlu tidur. Maka dari itu, chatbot bisa melayani konsumen selama 24 jam. Ini karena sistem chatbot dijalankan oleh robot. Jadi, tidak ada batasan waktu untuk menggunakan chatbot dalam melayani customer Anda. Chatbot menjadi solusi tepat untuk memberikan pelayanan dalam 24 jam, kapan pun dan di mana pun.

Merespon Konsumen dengan Lebih Cepat

Di samping mampu melayani selama 24 jam, chatbot juga bisa memberikan respon yang cepat kepada konsumen. Sebab, chatbot bisa langsung memberikan jawaban yang tepat, dengan cepat dan tanpa penjelasan panjang lebar. Konsumen menyukainya karena respon cepat dan tepat seperti inilah yang mereka butuhkan.

Memudahkan Komunikasi dalam Bisnis

Bagi pebisnis, chatbot memiliki kelebihan tersendiri. Sebab, chatbot benar-benar membantu dalam meringankan pekerjaan customer service. Chatbot yang cepat dan akurat dalam merespon juga memudahkan komunikasi yang dilakukan oleh customer service. Jika dalam pelayanan oleh manusia kadang terjadi human error, tidak dengan chatbot. Inilah sebabnya chatbot sangat direkomendasikan untuk bisnis Anda.

Menjual Produk atau Layanan

Melalui chatbot, Anda juga bisa merekomendasikan produk atau layanan dari bisnis Anda. Sebab, ketika konsumen bertanya tentang suatu produk atau layanan tertentu, jawabannya yang tepat akan langsung diberikan kepada mereka. Misalnya, konsumen bertanya tentang produk yang memiliki spesifikasi tertentu seperti bahan dan warnanya, maka chatbot langsung memberikan jawaban dengan rekomendasi yang sesuai. Ini bisa membuat konsumen makin puas berbelanja.

Mendapatkan Data Konsumen

Dengan bantuan chatbot, Anda bisa mendapatkan data tentang konsumen melalui cara yang lebih mudah. Konsumen pun tidak perlu mengisi formulir untuk memberikan data diri mereka. Nantinya, Anda juga bisa menggunakan data konsumen tersebut untuk kepentingan perusahaan, terutama dalam memaksimalkan marketing dan penjualan. 

Mendapat Feedback dari Konsumen

Anda juga dapat memanfaatkan chatbot untuk mendapatkan feedback dari konsumen. Sebab, chatbot bisa menjadi penghubung antara bisnis Anda dan konsumen. Anda pun bisa melakukan survei untuk konsumen tentang kepuasan mereka dalam menggunakan brand Anda. Dari sini, Anda bisa mengetahui feedback konsumen tentang produk dan layanan Anda, sehingga Anda bisa melakukan perbaikan.

Jadi, chatbot memang penting peranannya dalam bisnis Anda. Chatbot untuk bisnis sangat membantu meningkatkan layanan Anda, apalagi dalam kondisi pandemi seperti saat ini, di mana staf Anda harus bekerja dari rumah. Chatbot yang bisa memberikan pelayanan selama 24 jam, akan memberi solusi kepada konsumen yang membutuhkannya kapan saja dan di mana saja. Konsultasikan kebutuhan chatbot anda bersama expert kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *