Solusi Tingkatkan Strategi Komunikasi Brand F&B di Tengah Covid-19 PSBB

  • by
Tingkatkan Strategi Komunikasi Brand
Solusi Tingkatkan Strategi Komunikasi Brand di Tengah Covid-19 PSBB

Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung berakhir ini mempengaruhi berbagai macam sektor kehidupan. Salah satunya yang juga ikut terdampak cukup besar yakni sektor ekonomi, khususnya bagi para pelaku usaha food and beverage. Baik restoran yang telah memiliki skala besar hingga pemilik restoran kecil dituntut untuk terus memutar otak agar bisnisnya dapat tetap bertahan. Perubahan strategi komunikasi brand di tengah covid-19 PSBB ini perlu dilakukan guna tetap menarik para konsumen agar tetap bisa survive di tengah pandemi.

Tidak sedikit pula brand besar yang memilih untuk sejenak menutup total usahanya sembari menanti pandemi berakhir. Sayangnya hal tersebut sulit dilakukan oleh para pemilik usaha kecil. Terlebih jika itu restoran merupakan satu-satunya penghasilan yang dimiliki. Para pemilik usaha food and beverage sebaiknya juga tidak hanya memikirkan konsumen namun juga bagaimana nasib para karyawannya. Pasalnya, setiap restoran tentu memiliki karyawan dengan jumlah yang tidak sedikit. Sebaiknya Anda merubah strategi yang bisa menguntungkan kedua belah pihak tersebut.

Bangun Pemesanan Digital Restoran Anda

Salah satu strategi yang bisa dilakukan agar tetap bisa bertahan di situasi seperti ini yakni dengan memanfaatkan teknologi digital semaksimal mungkin. Teknologi canggih ini memungkinkan setiap brand bisa tetap berinteraksi dengan konsumen meski tanpa melakukan tatap muka secara langsung. Semakin maksimal pemanfaatan teknologi digital akan berbanding lurus dengan kemampuan brand untuk tetap bertahan dan meraih keuntungan.

Menggencarkan sistem pemesanan secara digital atau delivery order menjadi hal yang wajib dilakukan bagi setiap pemilik restoran. Sejenak luangkan waktu Anda untuk meluncurkan sebuah aplikasi pemesanan secara online . Apabila meluncurkan aplikasi sendiri terasa sulit, Anda juga bisa bekerja sama dengan platform pemesanan online yang telah ada. Strategi satu ini memungkinkan konsumen tetap bisa melakukan pemesanan secara online meski tidak menuju restoran secara langsung.

Tingkatkan Standarisasi Kebersihan dan Keamanan

Setiap pemilik usaha restoran tentu telah memiliki SOP tersendiri mengenai bagaimana tingkat kebersihan, keamanan, hingga keselamatan karyawan selama bekerja. Kemunculan pandemi ini membuat Anda perlu kembali mengatur standarisasi kebersihan makanan dan lingkungan di sekitar restoran. Anda perlu benar-benar memastikan bahwa makanan dalam kondisi yang aman dan sehat untuk dikonsumsi. Di sisi lain, bagaimana proses pengolahan hingga pengemasan makanan sebelum diterima konsumen juga perlu diperhatikan dengan baik.

Mengatur standarisasi kebersihan ini juga menunjukkan kepedulian dan tanggung jawab pemilik usaha untuk ikut mencegah penyebaran virus. Hal ini juga akan berdampak mengenai pandangan para konsumen terhadap usaha Anda. Brand yang tidak memperhatikan standarisasi kebersihan dengan baik akan membuat konsumen enggan untuk melakukan transaksi pembelian. Tidak ada salahnya, Anda menginformasikan SOP baru di restoran melalui laman sosial media yang dimiliki perusahaan.

Setiap karyawan yang berada di restoran tentu wajib menggunakan masker sepanjang hari. Jangan lupa juga untuk selalu menyiapkan hand sanitizer di setiap sudut restoran. Baik di pintu masuk dan juga kasir. Ingatkan kepada siapa saja yang memasuki restoran untuk tidak lupa menggunakan hand sanitizer terlebih dahulu. Rapikan seluruh meja dan kursi sebagai informasi bahwa restoran hanya menerima layanan take away dan delivery order. Lakukan pemantauan setiap minggunya untuk memastikan standarisasi kebersihan dan keamanan terjaga dengan baik.

Atur Promo dan Penawaran Produk

Memberikan promo juga bisa dijadikan sebagai salah satu strategi untuk tetap menarik perhatian para konsumen. Berikan promo yang sesuai dengan kebutuhan para konsumen selama masa pandemi. Anda bisa mulai menawarkan paket makan siang perorangan yang berisi menu makanan lengkap, yakni makanan berat dan minuman. Semakin menarik promo atau potongan harga yang Anda tawarkan akan membuat konsumen tidak ragu melakukan pemesanan.

Selain memberikan penawaran paket untuk makan satu orang, Anda juga bisa mulai menawarkan paket makan untuk anggota keluarga di rumah. Mengingat masa pandemi ini membuat banyak orang melakukan WFH dan memilih stay #DiRumahAja. Paket keluarga tersebut akan lebih menarik para konsumen yang setiap harinya di rumah berkumpul dengan anggota keluarga.

Tunjukkan Dukungan Restoran Atasi Pandemi

Strategi lain yang juga sebaiknya dilakukan yakni menunjukkan dukungan restoran dalam menghadapi pandemi covid-19. Anda bisa menawarkan sebuah kampanye untuk mengajak konsumen berdonasi pada sesama. Salah satu penawaran yang bisa Anda coba seperti “10% hasil penjualan minggu ini akan didonasikan”. Penawaran berupa kampanye tersebut akan membuat konsumen semakin antusias untuk melakukan transaksi di restoran Anda.

Cara lain yang bisa Anda tawarkan yakni dengan memberikan paket makan gratis bagi para kurir atau ojek online. Di mana setiap pembelian paket makanan tertentu membuat konsumen secara tidak langsung akan memberikan makanan secara gratis pada kurir. Dengan menerapkan strategi ini, Anda ikut mengajak para konsumen berpartisipasi untuk bahu membahu dalam mengatasi pandemi.

Agar usaha food and beverage Anda dapat tetap bertahan di tengah pandemi, beragam strategi komunikasi brand di tengah covid-19 PSBB tersebut bisa diterapkan secara perlahan. Anda yang masih kebingungan dalam menerapkan strategi tersebut bisa mengajukan konsultasi pada Maxsol. Sebagai perusahaan Digital Industry yang telah berpengalaman, Maxsol akan ikut membantu mengembangkan brand dan mengatur strategi komunikasi yang tepat di tengah pandemi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *