Part 2: Strategi Digital Alibaba yang Efektif untuk Marketing Selama Pandemi Covid-19 (Corona)

  • by

Sebelumnya kita telah membahas cara Alibaba dalam menjalankan strategi marketing mereka di masa pandemi COVID-19. Anda pun mengetahui bahwa Alibaba melakukan langkah yang sangat baik dalam mengelola sumber daya manusia mereka. Sebab, itulah langkah awal yang diperlukan agar bisnis Anda tetap relevan dan berdaya guna, terutama dalam kondisi pandemic yang kita alami.

Alibaba menerapkannya di semua lini bisnisnya. Jadi, dengan bidang industri yang berbeda, strateginya juga beragam. Dibawah ini merupakan summary dari strategi yang dilakukan Alibaba selama masa pandemi COVID-19

Alibaba Cloud

Didirikan pada tahun 2009, Alibaba Cloud, tulang punggung Alibaba Group, merupakan salah satu dari tiga provider IaaS terbesar di dunia, menurut Gartner. Alibaba Cloud menyediakan layanan komputasi cloud untuk berbagai macam bisnis di seluruh dunia, termasuk merchant yang berbisnis di marketplace Alibaba Group, start-up, perusahaan dan layanan publik.

Strategi Alibaba Cloud

Kali ini Alibaba merancang program yang berfungsi untuk mengidentifikasi gejala COVID-19 di sejumlah wilayah. Di samping itu, Alibaba juga membuat algoritma AI dari Alibaba DAMO Academy yang bisa berjalan di Alibaba Cloud. Program ini dapat mengevaluasi sampel dari pasien dengan cepat.

Kemudian, ada satu lagi yaitu layanan analisis CT image yang bisa mendiagnosa COVID-19 melalui x-ray paru-paru. Semua program Alibaba tersebut membantu tenaga medis. Program tersebut mampu membuat analisa lima kali lebih cepat karena bisa langsung melakukan diagnosa untuk 20 orang sekaligus juga memberikan hasil yang akurat.

Strategi Alibaba Health

Alibaba Health merupakan platform pelayanan kesehatan yang besar. Tujuannya memberikan pelayanan di bidang kesehatan dengan lengkap dan terjangkau. Untuk menangani COVID-19, sejak awal Januari 2020, Alibaba Health bekerja sama dengan apotek lokal untuk memberikan masker gratis kepada di Wuhan.

Kemudian, Alibaba Health juga memberikan layanan untuk orang-orang dengan kondisi kronis untuk membeli obat secara online. Mereka juga bisa berkonsultasi online dengan dokter. 

Alibaba Health juga berkolaborasi dengan lebih dari 50 perusahaan farmasi domestik dan luar negeri. Kolaborasi ini untuk merilis Chronic Disease Support Service Page di platform Tmall. Kolaborasi ini memastikan pengiriman suplai obat secara online untuk pasien dengan kondisi sakit kronis.

Strategi Cainiao

Didirikan pada 2013, Cainiao Network bertujuan memenuhi kebutuhan logistik konsumen dalam 24 jam di China, dan 72 jam di seluruh dunia. Dalam pandemi COVID-19, Cainiao memberikan bantuan suplai alat-alat medis untuk sejumlah rumah sakit di Wuhan sejak Januari 2020.

Strategi ini membuat kuantitas pengiriman Cainiao meningkat drastis. Salah satu contohnya pada akhir Maret 2020, Cainiao telah mengirimkan bantuan medis dari China ke lebih dari 70 negara di seluruh dunia. Sebaliknya mereka juga menjadi pihak yang menerima barang-barang kebutuhan yang dikirimkan dari luar negeri. 

Strategi Ant Financial

Ant Financial Services Group didirikan pada Oktober 2014. Ini merupakan provider teknologi inovatif yang bertujuan untuk memberikan layanan finansial ke seluruh dunia. Ant Financial mengoperasikan Alipay, yang dirilis pada 2004 sebagai layanan keuangan online untuk ecommerce di China.

Pada Januari 2020, Alipay merilis fitur in-app yang menyediakan informasi terkini tentang pandemi coronavirus dan layanan medis, termasuk registrasi rumah sakit dan konsultasi kesehatan. Di samping itu, platform Ant Insurance Alipay juga menggalang dana untuk membantu tenaga medis dalam melawan COVID-19. Ini hanya bagian dari keseluruhan strategi marketing Ant Financial.

Hasil yang didapat dari strategi tersebut yaitu tetap bergulirnya roda perekonomian bagi usaha kecil dan menengah. Berita terkini dari aplikasi Ant Financial membuat konsumen selalu tahu kabar terbaru COVID-19. Ini membantu untuk mereka tetap melakukan aktivitas jual beli namun dengan lebih berhati-hati. Ini juga membantu UKM agar lebih mudah bertahan dan nantinya kembali berjalan normal setelah pandemi berakhir.

Strategi Lazada 

Lazada merupakan salah satu platform ecommerce terdepan di Asia Tenggara. Menanggapi pandemi COVID-19, Lazada bersama partner dan pemerintah lokal memberikan donasi untuk membantu masyarakat di tengah kondisi sulit ini.

Langkah-langkah yang dilakukan Lazada di antaranya yaitu:

  • Bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk mengidentifikasi wilayah yang memerlukan bantuan suplai kebutuhan sehari-hari.
  • Partner Lazada mendukung komunitas lokal mereka melalui platform sumbangan digital Lazada, yakni LazadaForGood, dan mengumpulkan donasi peralatan medis untuk petugas kesehatan.
  • Mengundang dokter lokal terbaik untuk berbagi pengetahuan tentang cara bertahan di tengah pandemi COVID-19, melalui sesi livestreaming edukasional di aplikasi Lazada.
  • Membantu UKM ritel dan pengusaha tradisional untuk mengalihkan usaha mereka ke bisnis online, agar mampu bertahan dan berkembang. Contohnya, Lazada membantu para petani untuk mengatasi masalah teknis dan logistik, yang terjadi dalam penjualan produk pertanian mereka. Jadi, mereka bisa memanfaatkan platform Lazada dengan baik selama pandemi.

Hasil dari Strategi LAZADA

Hasil dari strategi ini, jika Anda terapkan untuk bisnis Anda, salah satunya yakni meningkatnya jumlah pengikut Anda di media sosial, atau bertambah drastisnya pengunjung toko online Anda, yang tentunya mendongkrak penjualan Anda.

Contohnya, para petani Cameron Highlands di Malaysia yang memiliki toko online di Lazada. Toko Cameron Highlands berhasil menyelamatkan 1,5 ton sayur sehingga tak sampai terbuang karena tidak terjual. Sayuran tersebut dikirimkan ke 200 rumah di Malaysia dalam satu hari saja, yakni saat ulang tahun Lazada, 27 Maret 2020.

Kemudian, pada 6 April 2020, jumlah pengikut toko tersebut mengalami peningkatan yang signifikan. Toko Cameron Highlands mendapatkan 24.134 pengikut baru, dan menerima 894 ulasan yang masing-masing mengulas tentang kepuasan dalam menerima barang pesanan mereka.

Dengan berbagai strategi yang dilakukan Alibaba, Kesimpulannya adalah cermat mengubah kondisi sulit ini menjadi peluang. Anda bisa menjalankan strategi digital Alibaba seperti yang dicontohkan di atas, sesuai dengan bidang bisnis Anda. Kuncinya dengan berbekal rasa kemanusiaan untuk saling menolong sesama. Dengan keinginan kuat untuk mempertahankan bisnis Anda, maka Anda bisa menjalankan strategi marketing digital yang dilandasi pemahaman sosial dan terintegrasi dengan teknologi.

Ini merupakan insight yang bisa anda ambil dan berfikir bagaimana brand anda juga tetap relevan dan berdaya guna dengan merubah tantangan menjadi peluang. Konsultasikan strategi marketing digital bisnis Anda kepada kami sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *