Home » Tips Efektif Melakukan Strategi Social Media Marketing

Tips Efektif Melakukan Strategi Social Media Marketing

  • by

Media sosial adalah salah satu kanal krusial dalam menjalankan bisnis masa kini. Dengan pengguna aktif mencapai 3.5 milyar, platform ini merupakan instrumen yang tepat untuk mendapatkan komponen utama digital marketing, seperti traffic berkualitas, customer engagement, dan ujungnya peningkatan penjualan bisnis.

Tak heran pemanfaatan social media marketing pada berbagai bidang bisnis semakin ditingkatkan. Secara umum, beberapa benefit mencolok yang bisa diperoleh melalui online marketing menggunakan sosial media, yaitu:

  • Meningkatkan brand awareness
  • Memperluas audience
  • Menjadi penghubung dengan audience
  • Meningkatkan penjualan

Di Indonesia sendiri, pada tahun 2020 ini memiliki total pengguna aktif media sosial sebanyak 160 juta atau sekitar 59% dari total penduduk. Berikut ini rincian 10 media sosial paling sering digunakan:

Dengan rata-rata waktu yang dihabiskan setiap individu untuk mengakses media sosial sekitar 3 jam 26 menit, peluang ini penting dimaksimalkan bagi setiap pemilik bisnis atau brand untuk memuncaki persaingan antar kompetitor. Terlebih dari survei yang dilakukan oleh Forbes, menunjukkan bahwa 78% konsumen saat ini membeli produk karena posting media sosial brand tersebut. Hal ini menunjukkan kekuatan social media marketing sebagai kunci utama bisnis masa kini.

Dan untuk mampu bersaing serta menjadi yang terdepan dalam social media marketing, brand harus mengetahui cara yang terbaik dan efisien.

Berikut ini MAXSOL bagikan tips social media marketing efektif untuk Anda:

  1. Menentukan goal
    menentukan-goal

    Dalam marketing, menentukan tujuan atau target yang ingin dicapai sangat penting untuk mengetahui apakah langkah yang ditempuh telah berada di jalur yang tepat. Tujuan tersebut juga bisa menjadi driving force utama dalam menjalankan strategi marketing online.

    Bagi Anda yang baru memulai social media marketing, beberapa poin penting yang perlu menjadi fokus utama yaitu seperti membangun hubungan dengan calon klien, meningkatkan trafik website atau sosial media, hingga meningkatkan brand awareness.

  2. Melakukan riset market dan kompetitor
    riset-market

    Walaupun platform media sosial saat ini sangatlah banyak, Anda tak perlu menggunakan semuanya sebagai media marketing. Gunakan hanya beberapa jenis platform yang paling sering digunakan oleh target market bisnis Anda. Terutama terpusat pada platform tertentu yang menjadi target utama demografis brand.

    Selain target pasar, menganalisa kompetitor juga penting dilakukan agar strategi brand Anda senantiasa lebih unggul dan terdepan.

    Anda bisa menggunakan bantuan keyword, hashtag, dan konsep konten yang digunakan kompetitor sebagai bahan analisis. Pastikan tidak ‘mencuri’ ide kompetitor, sebaliknya jadikan pengetahuan terkait kompetitor tersebut sebagai referensi berinovasi serta mencari keunikan pada brand.

  3. Mengadakan kontes dan promosi
    contest

    Di antara ribuan akun bahkan kompetitor yang sejenis, Anda harus menjadi unik dan menarik. Dan sebagai salah satu media ‘promosi’ awal yang bisa dilakukan untuk boost akun adalah mengadakan kontes.

    Taktik ini umumnya efektif untuk meningkatkan visibilitas, follower, hingga engagement. Untuk mengadakan sebuah kontes, beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu:

    • Goal yang ingin dicapai, seperti jumlah likes, pengikut, dan sebagainya.
    • Channel atau platform yang digunakan untuk melangsungkan kontes.
    • Memilih jenis dan ketentuan kontes.
    • Deadline terakhir dan waktu pengumuman pemenang.
    • Melakukan promosi terbaik.

  4. Ciptakan konten yang detail dan menarik
    konten-menarik

    Setiap detail post di media sosial harus direncanakan dengan teliti. Gunakan teknik copywriting, detail intrik, dan lakukan variasi konten agar media sosial senantiasa menarik bagi audience. Selain itu, mempelajari tujuan masing-masing platform juga penting untuk merencanakan konten. Berikut beberapa contohnya:

    Facebook: Secara umum, Facebook cocok digunakan untuk konten bertema berita dan entertainment. Anda bisa memanfaatkan Facebook Groups sebagai media untuk menghubungkan dengan audience terbaik bagi brand dan produk.

    Instagram: Platform terbaik untuk menghadirkan tayangan visual bagi audience. Gambar statis dan video singkat sangat efektif untuk mendorong audience berinteraksi dengan akun brand Anda.

    Selain itu, dalam menciptakan konten media sosial, terdapat beberapa pedoman penting yang harus dilakukan, di antaranya:

    • Pastikan topik sesuai dengan niche brand.
    • Tujuan promosi harus menjadi panduan utama pembuatan konten.
    • Lakukan promosi dengan kesan intrinsik, tidak berlebihan ataupun terlalu terang-terangan.
    • Pastikan konten menjawab kebutuhan target market.
    • Buatlah konten dengan gambar dan video yang unik serta menarik.

  5. “Manusiakan” brand Anda
    manusiakan-brand

    Sebagai sarana komunikasi antara brand dan consumer, emosi adalah salah satu komponen yang tidak boleh dihilangkan. Untuk itu, Anda bisa mencoba “memanusiakan” brand dengan menunjukkan sisi humanis pada audience terkait seluk-beluk brand, seperti keadaan kantor, memperkenalkan pegawai, hingga interaksi-interaksi menarik di balik layar media.

    Kedekatan emosional dengan brand tersebut bisa membuat target market tidak hanya mengenal brand sebagai “penjual”, melainkan sesuatu yang dekat dengan kesehariannya. Hal ini adalah tools yang kuat untuk menarik engagement dan penjualan produk.

    Anda juga bisa memanfaatkan fitur komunikasi dalam sosial media, seperti reply, retweet, survey atau polling, dan sebagainya untuk membangun komunikasi serta mengeratkan hubungan emosi dengan followers.

  6. Menentukan waktu posting terbaik
    waktu-posting

    Tanpa perencanaan, apapun trik online marketing yang Anda lakukan akan gagal. Oleh karena itu merencanakan dan menyusun kalender konten media sosial sangat krusial. Kalender konten tersebut bisa membantu memahami konten yang paling efektif serta waktu posting terbaik. Dalam posting konten, pastikan tidak terlalu jarang ataupun sering. Jika terlalu sering, calon klien akan merasa terganggu. Sebaliknya jika terlalu jarang, kepercayaan calon klien bisa berkurang.

    Sebaiknya lakukan posting pada media sosial sekitar 3 hingga 4 kali setiap minggu dengan aturan waktu (jam) yang tepat.

    Untuk bisa mendapatkan waktu terbaik, Anda bisa melakukan beberapa kali trial and error guna mengetahui jenis dan waktu posting terbaik, dengan memperhatikan engagement audience, berupa like, save, views, dan sebagainya.

    Namun demikian, Anda bisa menggunakan grafik berikut untuk menjadi pedoman awal waktu posting Anda.

  7. Menggunakan kombinasi tools yang tepat

    Pemilihan tools yang tepat dapat memperkuat keseluruhan strategi marketing online yang Anda lakukan.

    Salah satu komponen pendukung terbaik untuk social media marketing tersebut di antaranya adalah memiliki website.

    Website merupakan komponen vital untuk membantu target klien menemukan brand atau bisnis Anda di mesin pencarian. Selain itu, website juga menunjukkan sisi profesionalitas dari sebuah brand. Hal ini sangat penting untuk meyakinkan klien bahwa bisnis Anda tepercaya dan tentu saja meningkatkan campaign social media marketing yang sedang dilakukan.

Untuk Anda yang sedang beralih menuju digital marketing, Maxsol hadir untuk menjadi partner terbaik bagi setiap bisnis Anda.

Maxsol menghadirkan layanan pembuatan website application, mobile application, UX/UI consultation, dan hosting service yang krusial untuk website dan social media marketing.

Lewat pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang Digital Creative Solutions dan dimotori oleh tim profesional dan ahli dalam industri digital, Maxsol siap untuk mendukung bisnis Anda menjadi yang terdepan.

Hubungi Maxsol sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

References:
https://whello.id/tips-digital-marketing/tips-melakukan-social-media-marketing/
https://bloggingwizard.com/social-media-marketing-tips/
https://www.socialpilot.co/blog/social-media-marketing-tips

Citations:
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia# (grafik media sosial Indonesia)
https://awario.com/blog/how-social-networks-influence-74-of-shoppers-for-their-purchasing-decisions-today/ (data Forbes)
https://www.yuqo.com/best-worst-times-post-social-media-143/ (grafik posting)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *