Home ยป Wajib Tahu! 7 Tren SEO 2020 yang Bisa Maksimalkan Bisnis

Wajib Tahu! 7 Tren SEO 2020 yang Bisa Maksimalkan Bisnis

  • by

Dari waktu ke waktu, persaingan bisnis digital menjadi semakin sengit. Semakin banyak perusahaan yang beralih menggunakan marketing digital sebagai media pemasaran. Dibandingkan strategi bisnis door to door, marketing digital memang membutuhkan modal yang lebih minimalis. Jangkauan pasar Anda pun juga semakin luas. Namun, untuk memaksimalkan bisnis, dibutuhkan pengetahuan yang mumpuni tentang strategi pemasaran online. Salah satunya adalah mengetahui tentang cara menggunakan SEO.

Wajib Tahu! 10 Tren SEO 2020 yang Bisa Maksimalkan Bisnis

Search Engine Optimization atau SEO adalah suatu strategi untuk mengoptimasi atau memaksimalkan sebuah website pada search engine. Dengan memanfaatkan SEO, website bisnis yang Anda kelola bisa berada di peringkat halaman pertama untuk kata kunci yang dipilih. SEO bisa dibilang merupakan ujung tombak dari pemasaran online. Dengan mengaplikasikan SEO pada bisnis digital Anda, maka peluang untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan angka penjualan pun semakin terbuka lebar. Salah satu aspek yang tidak terpisahkan dalam pengaplikasian SEO untuk bisnis adalah tren SEO. Dengan membaca SEO Trend, maka Anda akan tahu haluan dari website yang dikelola tiap tahunnya. Berikut adalah SEO trend di tahun 2020 dari para SEO profesional yang wajib Anda ketahui.

1. BERT & Optimasi yang Berfokus Pada User

Di tahun 2019, seluruh SEO profesional mengalihkan perhatian mereka pada BERT. BERT merupakan sebuah algoritma yang baru-baru ini diluncurkan oleh Google. Dengan diluncurkannya BERT seakan jadi pertanda kuat bahwa Google benar-benar akan berfokus pada hasil pencarian berdasarkan user intent. Untuk itu, pemilik web pun diharapkan untuk mengikuti alur perubahan tersebut. Caranya adalah dengan mengedepankan konten yang memenuhi kebutuhan user. Eli Schwartz, yang berprofesi sebagai growth consultant sekaligus advisor memperingatkan bahwa pengelola website harus membuat konten yang benar-benar bisa memuaskan kebutuhan pencari. Lebih lanjut, ia menyarankan untuk menggunakan suggested queries dalam membangun konten. Hal ini akan lebih efektif dibandingkan jika Anda menggunakan keyword search tool.

2. High Quality, Optimized Content

Tren SEO selanjutnya yang akan banyak digunakan di tahun 2020 adalah konten yang teroptimasi. Konten tentunya menjadi hal yang tidak terpisahkan di dalam dunia SEO. Tanpa konten yang berkualitas, tentunya sangat sulit bagi Anda untuk menggaet pengguna untuk mengunjungi situs. Di tahun 2020 ini menjadi waktu yang tepat untuk mengevaluasi konten-konten yang sudah dibuat. Agar situs Anda bisa masuk ke dalam peringkat satu di Google, pastikan bahwa konten yang ditawarkan memiliki relevansi dengan produk yang Anda jual.

Selain itu, konten tersebut juga harus bisa memberikan pengetahuan atau nilai (value) bagi pembaca. Keyword dan page views sudah bukan lagi jadi barang yang harus dijunjung tinggi. Konten-konten yang tidak bermuatan value apapun juga sebaiknya mulai dikurangi. Selain itu, kanibalisasi konten juga wajib jadi hal yang harus Anda waspadai. Salah satu caranya adalah dengan melakukan audit secara berkala terhadap konten yang akan dipublish.

3. E-A-T

Dalam merangking suatu situs, Google akan mengedepankan 3 hal, yaitu Expertise, Authority, dan Trustworthiness. Kalangan penggiat SEO menggunakan akronik E-A-T untuk tiga hal tersebut. Anda juga perlu mengedepankan E-A-T dalam pembuatan konten. Dalam arti lain, Anda harus memiliki keahlian dalam konten yang dibuat. Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa konten yang dipilih memang sedang banyak dicari oleh orang. Dengan demikian, peringkat website Anda pun dapat naik. Selain Expertise, Anda juga membutuhkan konten dengan nilai Authority. Yang dimaksud di sini adalah, Anda harus bisa memberikan konten yang menginspirasi pembaca. Semakin tinggi tingkat Authority Anda, maka akan semakin banyak pula orang dan pemilik situs yang mereferensi website yang Anda kelola.

Aspek terakhir adalah Trustworthiness. Hal ini jadi aspek paling penting dalam penggunaan SEO untuk bisnis. Trustworthiness, atau kepercayaan dapat dicapai dengan memperlakukan konsumen maupun calon konsumen Anda dengan baik. Semakin tinggi tingkat kepercayaan mereka terhadap brand Anda, maka tingkat trustworthiness pun akan semakin meningkat. Di tahun 2020 ini pun, E-A-T masih akan berlaku. Terlebih lagi bagi Anda yang mengelola website dengan konten berdasarkan YMYL, atau Your Money Your Life. Google kembali menegaskan pentingnya E-A-T dalam rangka untuk membasmi adanya konten palsu atau berita hoax yang semakin marak beredar di dunia maya.

4. UX & Technical SEO

UX, atau User Experience juga akan menjadi SEO trend terkini di tahun 2020. Hal-hal cakupan UX yang wajib Anda perhatikan adalah pengalaman user saat memasuki halaman SERP, landing page, serta saat mereka meninggalkan website Anda. Page speed atau kecepatan laman website memuat seluruh kontennya juga menjadi hal yang krusial dalam meningkatkan UX. Pengelola website diharapkan bisa beradaptasi dengan membuat suatu website yang bisa dimuat dengan cepat dan sempurna walaupun dalam kondisi koneksi internet yang lambat. Jika Anda memiliki blog bisnis, sebaiknya hindari memasang terlalu banyak widget yang dapat mengakibatkan waktu loading situs yang terlalu lama. Bagi pengelola website yang lebih besar, Anda juga perlu memperhatikan aspek technical SEO lainnya, seperti SEO Automation, PWAs, hingga framework Javascript.

5. Mobile SEO

Dengan meningkatnya pengguna internet yang browsing menggunakan smartphone, tak heran jika Mobile SEO menjadi SEO trend di tahun 2020. Website yang mobile friendly akan jauh lebih unggul dan banyak diakses di tahun ini. Sebenarnya, strategi Mobile-First sudah mulai menggeliat sejak beberapa tahun belakangan ini. Di tahun 2020 ini, Anda perlu lebih fokus dalam mengoptimasi strategi SEO untuk website berbasis smartphone. Agar lebih bisa mendalami tren ini, Anda disarankan untuk mempelajari lebih dalam tentang teknologi mobile SERP. Dengan mempelajari mobile SERP lebih dalam, Anda akan dapat memprediksi jenis traffic yang akan datang sekaligus menyusun strategi optimisasi yang lebih akurat.

6. Structured Data

Structured data, atau data yang terstruktur juga jadi highlight penting dalam SEO Trend di tahun 2020. Dengan melakukan struktur data, konten yang Anda sajikan kepada para pengguna internet pun akan lebih terarah dan dapat dimengerti oleh search engine. Dengan menggunakan metode struktur data yang tepat, maka Anda pun dapat memperoleh konten yang lebih berkualitas. Selain itu, tingkat analitik website Anda pun dijamin akan lebih baik lagi. Mempelajari metode data terstruktur juga memungkinkan Anda untuk membuat strategi pemasaran digital yang lain.

7. Link Building dan Brand Building

Baik Link Building dan Brand Building sama-sama akan menjadi SEO Trend yang harus diperhatikan dalam persaingan pemasaran digital. Penyusunan link building yang tepat akan dapat membantu mendongkrak traffic dan membangun brand yang Anda miliki. Bila dimisalkan, link building adalah pondasi dari pemasaran digital Anda. Jika pondasinya tepat, maka brand Anda pun dapat terbangun dengan maksimal.

Itulah sejumlah SEO trend yang akan membantu Anda dalam persaingan digital marketing di tahun 2020. Apakah Anda perlu bantuan dalam mengimplementasikan SEO trend? Serahkan pada Maxsol. Perusahaan digital creative ini menyediakan layanan konsultasi yang dapat membantu Anda dalam menemukan strategi digital marketing yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *